Comscore Tracker

Fasilitas Umum di Palembang Tutup Saat Natal dan Tahun Baru

PPKM Level 3 demi mengantisipasi gelombang ketiga

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menutup fasilitas umum selama libur Natal dan tahun baru (Nataru). Rencana itu dilakukan seiring permintaan pemerintah pusat yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

"Penerapan PPKM Level 3 selama libur Natal dan Tahun Baru 2022 merupakan kebijakan pemerintah pusat untuk seluruh wilayah di Indonesia, termasuk di Palembang," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang, Ratu Dewa, Kamis (25/11/2021).

1. Pemkot mengantisipasi gelombang ketiga COVID-19

Fasilitas Umum di Palembang Tutup Saat Natal dan Tahun BaruPemkot Palembang bahas penanganan COVID-19 di Rumah Dinas Wali Kota Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

PPKM Level 3 nantinya akan diberlakukan mulai 24 Desember hingga 2 Januari 2022. Pembatasan dilakukan Pemkot berdasarkan Intruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19.

"Ini agar tidak terjadi penambahan positif COVID-19 gelombang ketiga," kata dia.

Baca Juga: Palembang Zona Hijau, Warga Diminta Tetap Laksanakan Prokes

2. Mal buka namun dibatasi 50 persen

Fasilitas Umum di Palembang Tutup Saat Natal dan Tahun Baru

Selama libur nataru, pemerintah juga melarang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Non ASN mengambil cuti untuk mudik keluar Palembang. Sedangkan mal an tempat hiburan tetap dibuka dengan pembatasan dan protokol kesehatan (prokes) ketat.

"Mal tetap buka tapi kapasitasnya hanya 50 persen dan harus memperketat prokesnya," tambah dia.

3. Sekda bakal memantau langsung

Fasilitas Umum di Palembang Tutup Saat Natal dan Tahun BaruIlustrasi pemeriksaan suhu wisatawan masuk Palembang di terminal Alang Alang Lebar Palembang. (ANTARA FOTO/Feny Selly)

Pemkot bakal berkoordinasi dengan instansi terkait. Selain untuk memastikan tidak ada pegawai yang cuti mudik ke luar kota, pihaknya bakal melakukan pengawasan dan monitoring.

"Kalau perlu saya turun langsung, karena kita harus benar-benar melakukan antisipasi dengan tidak banyak melakukan mobilisasi," tandas

Baca Juga: Pemprov Sumsel Siapkan Aturan Agar Warga Tetap di Rumah Saat Nataru

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya