Dinkes Sumsel Buka 21 Posko Kesehatan di Sepanjang Jalinsum 

Posko layanan tersedia hingga 9 Mei 2022

Palembang, IDN Times - Dinas Kesehatan Sumatra Selatan (Dinkes Sumsel) telah menyediakan puluhan posko layanan kesehatan. Posko itu berada di sejumlah titik arus mudik Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah di Jalan Lintas Sumatra (Jalinsum).

"Ada sebanyak 21 pos khusus pelayanan kesehatan yang disiapkan dari total 87 pos Operasi Ketupat Musi 2022," ujar Kepala Dinkes Sumsel, Lesty Nuraini, Minggu (24/4/2022).

1. Operasi Ketupat Musi 2022 libatkan aparat gabungan

Dinkes Sumsel Buka 21 Posko Kesehatan di Sepanjang Jalinsum Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Posko layanan kesehatan yang disediakan Dinkes Sumsel sudah disiagakan sejak 28 April. Posko yang dibuka sampai 9 Mei 2022 itu akan terintegrasi dengan aparat gabungan tim Operasi Ketupat Musi 2022.

"Melibatkan TNI dan Polri serta tim gabungan keamanan lain untuk kelancaran arus mudik," kata dia.

Baca Juga: Mudik Lebaran, Pelabuhan Tanjung Api-Api Sumsel Sediakan 9 Kapal

2. Tenaga kesehatan dari daerah sudah disiapkan di setiap pos layanan

Dinkes Sumsel Buka 21 Posko Kesehatan di Sepanjang Jalinsum Ilustrasi arus mudik di jalan tol. (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Lesty menyampaikan, posko layanan kesehatan juga berada di setiap jalan lintas perbatasan kabupaten dan kota, terminal bus besar, pelabuhan, serta bandara.

"Masing-masing pos sudah disiapkan tenaga kesehatan dari Dinkes masing-masing daerah," timpalnya.

Baca Juga: Catat, Ada 19 Posko Amankan Mudik dan Lebaran di Palembang 

3. Layanan vaksinasi tersedia di pos terminal bus, pelabuhan, dan bandara

Dinkes Sumsel Buka 21 Posko Kesehatan di Sepanjang Jalinsum IDN Times/Imam Rosidin

Selain untuk memenuhi syarat vaksinasi bagi pelaku perjalanan, posko kesehatan juga dibuka untuk layanan pemeriksaan penyakit tidak menular. Mereka juga bersiap melaksanakan vaksinasi COVID-19 bagi pemudik yang membutuhkan.

"Khusus layanan sentra vaksinasi COVID-19 hanya bisa didapatkan pemudik di pos yang ada di terminal bus besar, pelabuhan, dan bandara," tandas dia.

Baca Juga: Sumsel Terjunkan 3.578 Personel Amankan Mudik Lebaran 2022

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya