Comscore Tracker

Bioskop Palembang Kembali Dibuka, Pengunjung Diperiksa Tiap 20 Menit

Film The Swordsman dibintangi Joe Taslim siap tayang

Palembang, IDN Times - Bioskop di Palembang mulai kembali dibuka, Rabu (4/11/2020). Seperti bioskop CGV di Palembang Trade Center (PTC), Jalan R. Soekamto 8 Ilir, setelah berhenti beroperasi selama tujuh bulan akibat pembatasan oleh pemerintah di tengah pandemik COVID-19.

Menurut Public Relations CGV PTC Palembang, Hariman Chalid, pemutaran film di bioskop telah mendapat izin dari Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Palembang dan rekomendasi Dinas Kesehatan (Dinkes), dengan syarat penerapan protokol kesehatan yang ketat.

"Tim Satgas dan DInkes akan terus memonitor serta mengevaluasi secara berkala operasional bioskop," ujarnya.

1. Kapasitas kursi penonton dibatasi 50 persen

Bioskop Palembang Kembali Dibuka, Pengunjung Diperiksa Tiap 20 MenitPenerapan protokol kesehatan di Bioskop CGV PTC Palembang (IDN Times/Dokumen)

Memiliki tujuh studio penayangan film, setiap ruangan di CGV PTC Palembang mempunyai kapasitas jumlah penonton yang berbeda. Mulai dari 119 sampai 217 seat. Namun karena wajib mengikuti prosedur protokol kesehatan, setiap studio hanya menyediakan 40-50 persen tempat duduk.

Khusus di CGV Palembang, petugas akan memeriksa studio tiap 20 menit sekali. Tujuannya untuk memastikan tak ada penonton yang berpindah tempat duduk, sebab seat telah diatur berjarak dengan tanda larangan.

Selain jaga jarak, pihaknya mengimbau penonton untuk memesan tiket dan makan atau minum secara online untuk mengurangi kontak langsung. Pembayaran tiket bisa dilakukan secara digital melalui situs dan aplikasi digital CGV.

Baca Juga: 80 Persen Pasien Aktif COVID-19 di Sumsel Terpapar Tanpa Gejala

2. Pengelola imbau pemesanan tiket secara online

Bioskop Palembang Kembali Dibuka, Pengunjung Diperiksa Tiap 20 MenitPenerapan protokol kesehatan di Bioskop CGV PTC Palembang (IDN Times/Dokumen)

Hariman mengatakan, ketertiban protokol kesehatan di CGV PTC Palembang dilakukan sesuai panduan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dan berpedoman dalam Peraturan Wali Kota Palembang nomor 27 tahun 2020, tentang adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif dan aman.

"Staf dan penonton wajib memakai masker di seluruh area bioskop, cek suhu tubuh penonton dengan sistem pelacakan pengunjung (tracing), lewat QR Code dan manual untuk mengurangi kapasitas tempat duduk, menyediakan gel hand sanitizer," kata dia.

Tidak saja memperhatikan protokol kesehatan petugas, karyawan, dan penonton, pengelola CGV secara berkala membersihkan studio film dengan desinfektan untuk mencegah penyebaran virus corona.

3. Penayangan film dibatasi hingga pukul 19:45 WIB

Bioskop Palembang Kembali Dibuka, Pengunjung Diperiksa Tiap 20 MenitPenerapan protokol kesehatan di Bioskop CGV PTC Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Tetap menawarkan harga tiket mulai Rp35 ribu pada hari biasa dan Rp70 ribu pada akhir pekan, penonton di CGV Palembang hanya bisa menikmati penayangan hingga pukul 19:45 WIB. Jadwal penayangan malam jam 22:00 WIB pun ditiadakan. CGV Palembang memastikan sejumlah film mulai diputar hari ini.

"Termasuk film The Swordsman yang dibintangi aktor Indonesia asal Palembang, Joe Taslim, dan juga film dokumenter yang sudah ditunggu tunggu fans boyband asal Korea, BTS,berjudul 'Break the Silence' mulai 5 November," jelas dia.

Meski pihaknya membuka seluruh studio, pengelola tidak mengizinkan penonton duduk berdekatan yang ditandai label larangan silang di atas kursi, serta tidak membuka kursi sweet box. Khusus di CGV Palembang, ada studio khusus dengan kapasitas lebih besar bernama Ruang Satin.

"Awal penonton bisa menikmati promo khusus untuk film 'Bloodshot' yang dibintangi Vin Diesel, film action comedy berjudul 'Guns Akimbo' yang dibintangi Daniel Radctiffe dan film horror berjudul 'Patient of a Saint'," tandas dia.

Baca Juga: Kisah Penyintas COVID-19 di Palembang: Bersyukur Punya Tetangga Peduli

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya