Arus Mudik di Tol Keramasan Diprediksi Naik 7 Ribu Kendaraan Per Hari

Persiapan skema arus mudik sudah 80 persen

Palembang, IDN Times - Pengelola PT Waskita Sriwijaya Tol menyiapkan pengaturan arus mudik lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah. Perlintasan kendaraan diprediksi meningkat lebih dari 50 persen pemudik dalam sehari.

"Kami pastikan melonjak mulai H-10 hingga H+2 dengan prediksi pemudik naik 7 ribu kendaraan per hari," ujar Direktur Teknik dan Pengelola PT Waskita Sriwijaya Tol, Sudirman, Minggu (17/4/2022).

1. Targetkan persiapan arus mudik selesai H-14

Arus Mudik di Tol Keramasan Diprediksi Naik 7 Ribu Kendaraan Per HariIlustrasi pemudik. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Menurutnya persiapan arus mudik secara menyeluruh sudah dilakukan petugas di semua pintu tol. Khusus di Tol Keramasan sudah mencapai 80 persen, karena pemudik banyak melakukan perlintasan.

"Sehingga persiapan bisa maksimal pada H-14 lebaran dan petugas sudah siap menyambut para pemudik. Untuk prediksi arus mudik akan terjadi," kata dia.

Baca Juga: 70 Persen Tiket Mudik Kereta Api di Palembang Laku Terjual

2. Pemudik naik karena baru diizinkan pemerintah sejak dua tahun terakhir

Arus Mudik di Tol Keramasan Diprediksi Naik 7 Ribu Kendaraan Per HariDok. Jasa Marga

Rata-rata kendaraan harian yang melintas di Tol Keramasan sekitar 8 ribu hingga 9 ribu unit. Namun saat arus mudik lebaran diprediksi akan meningkat hingga 15.900 kendaran.

"Prediksi ini naik signifikan karena dalam dua tahun terakhir masyarakat tidak mudik. Sehingga ketika diizinkan mudik tentunya animo akan meningkat," jelasnya.

3. Ajukan persiapan pengisian BBM di rest area KM360B

Arus Mudik di Tol Keramasan Diprediksi Naik 7 Ribu Kendaraan Per HariIlustrasi arus mudik (IDN Times/Muhammad Saifullah)

Sedangkan terkait tarif tol saat arus mudik tak ada perubahan harga. Yakni jika dari Kayu Agung ke Palembang atau Tol Keramasan untuk golongan 1 Rp 50 ribu, golongan II dan III Rp 75 ribu, kemudian golongan IV dan V Rp 100 ribu.

"Saat arus mudik tersedia rest area fungsional di KM 360B dengan tempat parkir, toilet, masjid, UMKM dan dalam pengajuan akan disediakan pengisian BBM," tandas dia.

Baca Juga: Pemudik ke Muba Diprediksi Meningkat, Plt Bupati Ingatkan Syarat Mudik

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya