Comscore Tracker

4,5 Juta Orang Pemudik Diprediksi Masuk Sumsel Saat Lebaran 

Orang yang akan keluar Sumsel diprediksi 7,29 juta orang

Palembang, IDN Times - Dinas Perhubungan Sumatra Selatan (Dishub Sumsel) memprediksi pemudik yang masuk atau masyarakat yang mudik ke Bumi Sriwijaya nanti, akan mengalami peningkatan sekitar 1,7 persen dari tahun 2019.

"Masyarakat sudah tidak mudik selama dua tahun terakhir ini. Kami perkirakan pemudik yang datang ke Sumsel bisa menembus 4,59 juta orang," ujar Kepala Dishub Sumsel, Ari Narsa, Jumat (22/4/2022).

1. Orang yang akan keluar Sumsel diprediksi 7,29 juta orang

4,5 Juta Orang Pemudik Diprediksi Masuk Sumsel Saat Lebaran Ilustrasi pemeriksaan suhu wisatawan masuk Palembang di terminal Alang Alang Lebar Palembang. (ANTARA FOTO/Feny Selly)

Sedangkan prediksi pergerakan orang yang bakal keluar Sumsel untuk mudik lebaran diperkirakan mencapai 2,7 persen dari jumlah penduduk Indonesia, sekitar 7,29 juta orang.

"Kita berharap pelaksanaannya aman, lancar, dan selamat. Sebab selama beberapa tahun kemarin ada pembatasan dan larangan mudik," kata dia.

2. Pemudik masuk dan keluar Sumsel gunakan transportasi darat

4,5 Juta Orang Pemudik Diprediksi Masuk Sumsel Saat Lebaran Ilustrasi bus AKAP saat mudik Lebaran. ANTARA FOTO/Basri Marzuki

Tingginya animo warga yang melakukan mudik bakal didominasi dengan moda transportasi darat. Apalagi sudah tidak ada penyekatan di perbatasan dan akses tol telah dibuka.

"Mungkin sekitar 50 persen pakai jalur darat karena sudah ada akses tol," timpalnya.

Baca Juga: Anak-anak Belum Vaksin Diizinkan Mudik Pakai Bus Antar Kota

3. Minta pengelola tol tambah pintu keluar

4,5 Juta Orang Pemudik Diprediksi Masuk Sumsel Saat Lebaran Ilustrasi pemudik. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Ari menyampaikan, Dishub Sumsel telah meminta bantuan pengelola tol untuk menambah gate exit atau pintu keluar agar tidak terjadi penumpukan kendaraan.

"Kami sudah minta penambahan pintu keluar kendaraan di tol. Saat ini masih proses pengecoran jalan," kata dia.

Baca Juga: Bandara SMB II Bersiap Hadapi Lonjakan Penumpang Masa Lebaran

4. Sediakan posko layanan vaksinasi di setiap area transportasi publik

4,5 Juta Orang Pemudik Diprediksi Masuk Sumsel Saat Lebaran Ilustrasi arus mudik di jalan tol. (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Selain itu, pihaknya juga sudah bekerja sama personel gabungan untuk menyiagakan dan membuka posko mudik. Posko itu berada di sejumlah wilayah yang dilengkapi fasilitas layanan vaksinasi booster.

"Seperti di stasiun, pelabuhan, dan bandara. Bagi mereka yang belum bisa vaksin di tempat itu. Jika tidak, harus tunjukkan bukti tes negatif COVID-19," tandasnya.

Baca Juga: Jalintim Palembang-Sekayu Tambal Sulam, Pemudik Diminta Waspada

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya