Comscore Tracker

Ini Kriteria Hewan Ternak yang Bisa Mendapat Vaksin PMK

Ternyata sapi sakit tak bisa langsung diberi vaksin PMK

Palembang, IDN Times - Delapan kabupaten dan kota di Sumatra Selatan (Sumsel) telah melaporkan kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Dari hasil pemeriksaan, tercatat ada 220 sapi di Sumsel yang masih terindikasi terjangkit virus tersebut.

Upaya pencegahan dengan vaksin PMK diharapkan menjadi solusi agar penyakit tak meluas. Namun vaksinasi tersebut hanya bisa diberikan kepada hewan ternak yang sehat dan tak memiliki riwayat pernah berada satu kandang dengan ternak sakit.

"Kalau kita menemukan dalam satu kandang ada sapi yang sakit, maka sapi lainnya dalam kandang yang sama juga tidak boleh divaksin," ungkap Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Sumsel, Ruzuan Efendi, Rabu (22/6/2022).

1. Ada jarak enam bulan vaksin PMK dapat diberikan

Ini Kriteria Hewan Ternak yang Bisa Mendapat Vaksin PMKPemeriksaan PMK pada sapi. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Menurut Ruzuan, hewan ternak yang sakit harus disembuhkan terlebih dahulu sebelum mendapat vaksin. Apalagi vaksin bukan ditujukan untuk menyembuhkan PMK, melainkan mencegah virus tersebut.

"Hewan ternak yang sembuh dari PMK baru enam bulan ke depan bisa divaksin," jelas dia

Baca Juga: Kasus PMK di Sumsel Bertambah, 2 Wilayah Konfirmasi Temuan Baru

2. Kriteria ternak mendapatkan vaksin

Ini Kriteria Hewan Ternak yang Bisa Mendapat Vaksin PMKIlustrasi Petugas memeriksa kondisi ternak Sapi di kandang. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Pemberian vaksin pada hewan tidak berbeda dengan vaksin untuk manusia. Selain hewan ternak sehat, vaksin ditujukan untuk hewan ternak indukan dan prioritas betina. Sedangkan untuk anakan sapi (Pedet), bisa diberi vaksin sejak umur 2 minggu.

"Vaksin hewan ternak ini untuk membatasi penyebaran PMK, mengurangi dampak ekonomi PMK, membangun zona bebas vaksinasi, hingga melindungi kelompok hewan dengan nilai ekonomi tinggi," beber dia.

Baca Juga: Persatuan Dokter Hewan di Sumsel Jamin PMK Tak Menulari Manusia

3. Tak hanya sapi yang mendapat vaksin PMK

Ini Kriteria Hewan Ternak yang Bisa Mendapat Vaksin PMKIlustrasi pedagang daging sapi.ANTARA FOTO/Arnas Padda

Sebagai upaya antisipasi virus semakin luas, vaksinasi PMK diharapkan menjadi solusi. Namun diperkirakan vaksin untuk Sumsel baru tersedia pada Juli mendatang usai Idul Adha. Vaksin PMK ini tidak sebatas pada sapi, melainkan bisa untuk kerbau, kambing, domba, hingga babi.

"Ada beberapa wilayah seperti di Pulau Jawa yang menjadi prioritas penanganan PMK, sehingga distribusi ke Sumsel sedikit terlambat," tutup dia.

Baca Juga: 120 Sapi Diduga Masih Terpapar PMK, Peternak Sumsel Beri Jamu

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya