Comscore Tracker

Wako Palembang: Bukan Corona Saja Harus Dijaga, Penyakit Lain Juga

Wako Palembang imbau warga gunakan masker sewajarnya

Palembang, IDN Times - Wali Kota (Wako) Palembang, Harnojoyo menyampaikan, sebaiknya masyarakat jangan berlebihan menanggapi isu virus corona yang saat ini lagi hangat, hingga membeli masker dalam jumlah besar dan mempengaruhi kelangkaan.

"Dari yang saya baca, masker ini menurut pendapat ahli tidak bisa dipakai sepenuhnya untuk menghindari virus corona. Memang bagus dalam mencegah, tetapi jangan terlalu sekali, gunakan masker sewajarnya dan masyarakat jangan salah kaprah," ujar dia, Rabu (4/3).

1. Imbau masyarakat menjaga diri dari semua penyakit

Wako Palembang: Bukan Corona Saja Harus Dijaga, Penyakit Lain Jugailustrasi virus corona (IDN Times/Sukma Shakti)

Harnojoyo mengatakan, warga Palembang harus mengutamakan pola hidup sehat dan menjaga diri terhadap apa pun wabah penyakit, bukan karena virus corona saja.

"Hal paling penting adalah memperhatikan kesehatan diri dan jangan lupa berdoa. Sebab bukan corona saja yang harus dijaga, penyakit lain juga. Sebab penyakit kalau sudah bersarang di tubuh sangat mengganggu aktivitas," kata dia.

2. Masyarakat bisa mencari alternatif lain, jika tak ada masker

Wako Palembang: Bukan Corona Saja Harus Dijaga, Penyakit Lain Jugailustrasi virus corona (IDN Times/Sukma Shakti)

Harnojoyo menjelaskan, menghadapi virus corona ini masyarakat jangan sampai panik, apalagi mengetahui jumlah masker yang menipis.

"Tanpa masker bisa cari alternatif lain, misal menggunakan saputangan atau kain untuk menjaga udara kotor masuk. Jadi janganlah sampai membuat takut diri sendiri," jelas dia.

Baca Juga: Tiba di Bandara SMB II Palembang, Warga Prabumulih Langsung Diisolasi

3. Walau kondisi Palembang masih aman, tetap dimungkinkan akan membuka posko kesehatan

Wako Palembang: Bukan Corona Saja Harus Dijaga, Penyakit Lain JugaIlustrasi Virus Corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Harnojoyo melanjutkan, kendati situasi di Palembang saat ini masih dalam keadaan kondusif. Namun bisa dimungkinkan nanti Palembang akan membuka posko kesehatan.

"Melihat situasi ini sudah jelas Dinas Kesehatan bakal melakukan tindakan. Masalah posko kesehatan, sekarang puskesmas dan rumah sakit sudah sangat aktif dan bisa saja nanti ditambah posko," tandas dia.

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya