Wapres: Ekonomi Syariah Tumbuh Saat Global Diliputi Ketidakpastian

Ma'ruf Amin dukung Sumbar sebagai contoh bagi daerah lain

Padang, IDN Times - Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’ruf Amin, menyebut kondisi ekonomi global masih diliputi ketidakpastian dan perlambatan. Kondisi ini berbanding terbalik dengan ekonomi dan keuangan syariah yang tetap tumbuh, khususnya ditopang oleh sektor prioritas rantai nilai halal.

"Ini menunjukkan kinerja positif sebagai penanda ekonomi dan keuangan syariah berkontribusi besar pada pemulihan ekonomi nasional. Agar dapat berekspansi di kancah internasional, kerja sama tingkat global harus ditingkatkan," kata Ma’ruf Amin saat membuka Minangkabau Halal Festival di Auditorium Universitas Negeri Padang, Sumatra Barat (Sumbar), Jumat (8/9/2023).

Baca Juga: Wapres Ma'aruf Amin Buka MHF di Padang, Festival Halal Terbesar

1. Gencarkan promosi produk unggulan

Wapres: Ekonomi Syariah Tumbuh Saat Global Diliputi KetidakpastianIlustrasi rendang (instagram.com/sefafirdaus)

Wapres menekankan agar promosi produk unggulan di setiap daerah dapat terus digencarkan secara konsisten. Produk unggulan yang spesifik dari tiap-tiap daerah mesti dikembangkan dan dipromosikan secara luas dan konsisten. Termasuk beragam prestasi yang telah ditorehkan Sumbar agar memacu semangat bagi provinsi lain.

"Sumbar telah meraih prestasi di panggung dunia, di antaranya, sebagai operator wisata halal terbaik, destinasi halal terbaik, dan destinasi kuliner halal terbaik. Berbagai capaian bertaraf internasional ini menjadi pelecut semangat dan inspirasi bagi provinsi-provinsi lain," ujarnya.

Baca Juga: Ma'ruf Amin Lebih Setuju Al Zaytun Dibina Ketimbang Dibubarkan 

2. Dorong partisipasi MES jadi lembaga ekonomi dan keuangan syariah

Wapres: Ekonomi Syariah Tumbuh Saat Global Diliputi KetidakpastianGramedia.com

Ma’ruf Amin menambahkan, partisipasi Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) sebagai salah satu lembaga yang menaungi ekonomi dan keuangan syariah, harus terus didorong agar terus kontribusinya meningkat.

"Terus dorong partisipasi aktif MES dalam berbagai program kerja KNEKS, seperti peningkatan literasi, percepatan sertifikasi halal, ekspor produk halal UMKM, termasuk berbagai pameran produk-produk halal di daerah," katanya

3. Dukung Sumbar sebagai provinsi percontohan

Wapres: Ekonomi Syariah Tumbuh Saat Global Diliputi KetidakpastianWakil Presiden RI Ma’ruf Amin (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Selain itu, Ma’ruf Amin mendukung Sumbar menjadi provinsi percontohan yang dapat menginspirasi daerah-daerah yang lain.

Sumbar katanya harus mampu menularkan semangat positifnya agar kemajuan ekonomi dan keuangan syariah dapat diwujudkan di wilayah-wilayah lain.

Baca Juga: Wapres Maruf Amin Sebut Pernikahan Anak di Indonesia Picu Stunting

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya