Bekas Pabrik Indarung I Semen Padang Resmi Jadi Situs Cagar Budaya

Pabrik beroperasi sejak 1910 didorong jadi World Heritage

Padang, IDN Times - Direktur Utama (Dirut) PT Semen Padang, Asri Mukhtar Dt. Tumangguang Basa, menyebut bangunan bekas pabrik Indarung I sudah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI sebagai bangunan Cagar Budaya Nasional.

Penetapan itu kata Asri tertuang dalam Surat Keputusan Mendikbudristek nomor 54/M/2023, tentang penetapan kawasan Cagar Budaya Pabrik Semen Indarung I sebagai Kawasan Cagar Budaya Peringkat Nasional. Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim, mengesahkannya pada 27 Februari 2023.

"Kami bangga sekaligus bersyukur. Kerja keras kita selama ini menjadikan bangunan bekas pabrik Indarung I sebagai Cagar Budaya membuahkan hasil," kata Asri, Rabu (8/3/2023).

 

Baca Juga: Pilkades di Mura Diwarnai Ancaman, Warga Ditodong Pistol di Kening

1. Bidik menjadi World Heritage

Bekas Pabrik Indarung I Semen Padang Resmi Jadi Situs Cagar BudayaTim TACB Padang saat melakukan verifikasi Pabrik Indarung I. IDN Times/Andri NH

Meski kini sudah menyandang predikat sebagai cagar budaya nasional, namun menurut Asri pihaknya tak akan berhenti di tahap ini saja. Pihaknya membidik bangunan bekas pabrik Indarung I yang dibuat masa pemerintah Kolonial Belanda itu menjadi bagian dari World Heritage atau Situs Warisan Dunia yang dikeluarkan oleh UNESCO.

"Kini kian mantap langkah kita mengajukan kawasan Cagar Budaya Pabrik Semen Indarung I Semen Padang, karena di dalamnya juga terdapat PLTA Rasak Bungo sebagai World Heritage dari Unesco," ujar Asri.

Baca Juga: 10 Jenis Bunga Pansy dengan Beragam Warna Indah, Cocok di Perkarangan

2. Dokumen pendaftaran World Heritage sudah dikirim

Bekas Pabrik Indarung I Semen Padang Resmi Jadi Situs Cagar BudayaTampilan Bekas Pabrik Indarung I Semen Padang. IDN Times/Andri NH

Sekaitan dengan rencana menjadikan Cagar Budaya Pabrik Semen Indarung I Semen Padang sebagai situs warisan dunia, Asri menyebut jika seluruh dokumen sebagai tahap awal proses pendaftaran sudah dikirim ke Kemendikbutristek.

Ia berharap dukungan penuh dari seluruh stakeholder hingga masyarakat di Ranah Minang, agar rencana menjadikan Cagar Budaya Warisan Dunia sekaligus sebagai destinasi wisata edukasi persemenan terkemuka di dunia dapat terwujud.

3. Tonggak sejarah pembangunan

Bekas Pabrik Indarung I Semen Padang Resmi Jadi Situs Cagar BudayaNusantara.news

Kepala Sesksi Cagar Budaya dan Museum dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Padang, Marshalleh Adaz menjelaskan, Pabrik Indarung I merupakan tonggak sejarah pembangunan.

Dia bilang, Pabrik Indarung I sudah beroperasi pada 1910 silam. Meski tidak beroperasi lagi, namun dari bentuk dan kerangka mesin masih terlihat kokoh untuk sebuah barang yang sudah berusia lebih dari seabad ini.

Marshalleh melanjutkan, peran Pabrik Indarung I milik PT Semen Padang pada masa dulu sangat berarti. Sedikitnya ada sekitar 60 titik benteng pertahanan yang ada di kota Padang, bangunan semen masih terlihat kokoh. Itu membuktikan jika kekuatan semen yang diolah di pabrik Indarung I ini sudah teruji kualitasnya sejak dulu.

Baca Juga: Anggota DPRD Sumbar Bersumpah Al-Qur'an di Atas Kepala Bantah Tudingan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya