Comscore Tracker

Dampak Buruk Konsumsi Makanan Bersantan Berlebihan Saat Lebaran

Tips tetap sehat saat hari raya

Palembang, IDN Times - Hidangan di hari raya nampak menggiurkan. Sajian opor ayam, daging rendang, sambal hati hingga aneka lauk pauk lainnya dianggap sebagai menu wajib saat Idul Fitri. Namun, makanan tersebut ternyata berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan.

Menurut Ahli Gizi, Rumah Sakit Jiwa Ernaldi Bahar Sumsel, Devi Eryanti, S.GZ, jika tidak mengontrol ditakutkan makanan yang tadinya enak dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

"Makanan bersantan harus kita makan dengan memperhatikan batasannya. Jangan sampai lebaran membuat tubuh menjadi melebar," ujar Devi kepada IDN Times.

Baca Juga: Potret Salat Id di Masjid Agung Palembang Sebelum dan Saat Pandemik 

1. Hati-hati lemak jenuh santan bisa picu hipertensi

Dampak Buruk Konsumsi Makanan Bersantan Berlebihan Saat LebaranHallosehat.com

Pada dasarnya tubuh memiliki batasan konsumsi santan yang baik bagi tubuh yakni enam persen dari lemak total. Sementara pada santan ada sekitar 51 gram lemak jenuh.

Sama seperti jenis makanan lain, santan juga memiliki kandungan zat gizi yang dibutuhkan tubuh. Hanya saja, salah satu kandungan yang cukup dominan dalam santan adalah kalori. Santan merupakan jenis makanan yang tinggi akan kandungan kalori yang berasal dari lemak.

"Mengonsumsi santan berlebih akan meningkatkan tekanan darah hingga memicu hipertensi hingga naiknya kadar kalori jahat dalam darah," terang Devi.

2. Olahan santan sulit dicerna tubuh

Dampak Buruk Konsumsi Makanan Bersantan Berlebihan Saat Lebaranmoondoggiesmusic.com

Makanan santan yang diolah dengan daging ayam, dan daging sapi serta kambing memiliki kalori tinggi dan protein hewani. Apalagi jika kita menyantap kue-kue yang dibuat dengan campuran santan dan gula.

Jika kita mengonsumsi makanan bersantan secara berlebihan maka akan mengganggu kesehatan. Dampaknya kita akan mengalami sakit dan mengurangi daya imun tubuh.

"Sedangkan makanan santan mengandung tinggi natrium dan rendah serat yang sulit dicerna oleh tubuh," ujar Devi.

3. Sarankan asupan makanan berkalori tinggi dalam olahan santan

Dampak Buruk Konsumsi Makanan Bersantan Berlebihan Saat LebaranIlustrasi makan (IDN Times/Mardya Shakti)

Jumlah kalori makanan bersantan sangat tinggi dalam satu porsi makanan yang kita santap. Kondisi itu akan menambah berat badan jika tidak diatur asupan kalori yang masuk. Untuk itu Devi menyarankan dalam satu kali makan, masyarakat bisa mengolah dengan porsi kecil.

"Dalam satu porsi ketupat mengandung 150 kkal/100 gram. Sedangkan opor ayam/rendang mengandung 400-500 kkal/porsi. Bayangkan berapa kalori yang masuk kalau kita tidak mengatur asupan yang masuk ke tubuh," jelas dia.

Baca Juga: Perayaan Idul Fitri di Masjid Agung Palembang Lengang 

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya