Comscore Tracker

Pertamina Prediksi Konsumsi Bio Solar Turun Saat Arus Mudik

Kebutuhan Pertalite di Sumsel diprediksi naik 9,7 persen

Palembang, IDN Times - Pertamina Parta Niaga Sub Holding Commercial and Trading memprediksi konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM), akan mengalami kenaikan saat arus mudik lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah. Namun berbeda halnya dengan konsumsi Bio Solar.

"Kebutuhan energi khususnya Bio Solar diprediksi sedikit mengalami penurunan dari rerata konsumsi harian," ujar Area Manager Communication Relations & CSR Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan, melalui siaran pers yang diterima IDN Times, Selasa (19/2/2022).

1. Kebutuhan Pertalite diprediksi meningkat 9,7 persen

Pertamina Prediksi Konsumsi Bio Solar Turun Saat Arus MudikSeorang petugas berada di depan mobil tangki yang melakukan pengisian BBM ke mobil tangki di area pengisian otomatis (New Gantry System) Integrated. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Berdasarkan catatan Pertamina Parta Niaga pada 2022, jenis bahan bakar Pertamax Series di Sumatra Selatan (Sumsel) diproyeksikan naik 27,0 persen. Sedangkan Dex series meningkat 2,2 persen.

"Untuk Pertalite juga diprediksi meningkat 9,7 persen," kata dia.

Baca Juga: 50 Persen Tiket Pesawat untuk Arus Mudik Lebaran Sudah Dipesan

2. Prediksi LPG akan meningkat di angka 3,6 persen

Pertamina Prediksi Konsumsi Bio Solar Turun Saat Arus MudikIlustrasi pengisian BBM di SPBU Pertamina. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Sementara untuk Avtur juga diprediksi mengalami kenaikan dari rata-rata konsumsi harian. Sama halnya dengan LPG juga akan mengalami peningkatan dibandingkan konsumsi normal di angka 3,6 persen.

"Menghadapi peningkatan kebutuhan ini, kami bersiap mengantisipasi permintaan yang melonjak hingga masa mudik lebaran," timpalnya

Baca Juga: Arus Mudik di Tol Keramasan Diprediksi Naik 7 Ribu Kendaraan Per Hari

3. Bentuk Satgas RAFI untuk memonitor stok dan distribusi

Pertamina Prediksi Konsumsi Bio Solar Turun Saat Arus MudikIlustrasi pengisian BBM di SPBU. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Pertamina berkomitmen dan siap menyediakan seluruh kebutuhan energi masyarakat lebaran tahun ini, dengan membentuk Tim Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) sejak 11 April hingga 10 Mei 2022.

"Satgas ini akan memonitor stok dan proses distribusi kebutuhan energi ke masyarakat selama bulan ramadan dan Idul Fitri," tandas dia.

Baca Juga: Jelang Lebaran Penerima Booster di Sumsel Naik 2 Kali Lipat 

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya