Comscore Tracker

Optimalkan Target PAD, BSB Tawarkan Sinergi ke Pemkot Palembang

Melalui pencairan Surat Perintah Pencairan Dana

Palembang, IDN Times -Bank Sumsel Babel (BSB) Cabang Palembang menawarkan kerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, terkait pengoptimalan Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Palembang.

Menurut Kepala BSB Cabang Palembang, Tabroni, cara pengoptimalan PAD tersebut dengan melalui pihak ketiga yang merupakan rekanan Pemkot Palembang, untuk membuka rekening melalui Bank milik daerah tersebut.

"Ada peluang untuk mendapatkan tambahan PAD, yaitu melalui pencairan SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana). Ini jumlahnya besar dan bisa dimanfaatkan bila pihak ketiga memiliki rekening di BSB," ujarnya dalam audiensi bersama Wali Kota Palembang, Harnojoyo di Rumah Dinas Wali Kota Palembang, Senin (21/10).

1. BSB konsisten dukung peningkatan PAD Palembang

Optimalkan Target PAD, BSB Tawarkan Sinergi ke Pemkot PalembangIDN Times/Feny Maulia Agustin

Tabroni mengungkapkan, sebagai bukti konsistensi BSB, pihaknya melakukan mekanisme perbankan dengan memberikan keuntungan.

"Pembuktian konsistensi kami dalam mendukung peningkatan PAD, itu dari hasil pengendapan dana di BSB. Kemudian dukungan PAD juga turut didorong melalui penggunaan tapping box BSB di sejumlah restoran dan rumah makan," ungkap dia.

2. Pihak BSB Palembang klaim dukungan mereka hampir mencapai target PAD Palembang

Optimalkan Target PAD, BSB Tawarkan Sinergi ke Pemkot PalembangIDN Times/Feny Maulia Agustin

Tabroni melanjutkan, dari pemakaian tapping box dalam program pajak dengan e-tax, pihaknya sudah hampir mencapai target untuk mendukung pencapaian PAD Kota Palembang.

"Sudah ada 476 resto dan rumah makan di Palembang yang menggunakan tapping box atau e-tax dari kami (BSB). Angka ini menjadi fakta bahwa kami mampu menembus dari target 500 pengguna," jelasnya.

3. Wali Kota Palembang berharap BSB dapat bersinergi maksimal

Optimalkan Target PAD, BSB Tawarkan Sinergi ke Pemkot PalembangIDN Times/Feny Maulia Agustin

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Palembang, Harnojoyo menjelaskan, pemerintah sendiri memiliki target dalam penambahan PAD. Dengan adanya kerja sama dengan BSB Palembang nantinya, diharapkan bisa mendongkrak PAD lagi.

"Semoga Pemkot Palembang dan Bank Sumsel Babel dapat sejalan dalam mewujudkan target PAD, seiring kesadaran masyarakat dalam membayar pajak. Pemkot sendiri menargetkan peningkatan PAD sebesar Rp500 miliar," jelas dia.

Baca Juga: Tokopedia Tawarkan Layanan e-Commerce ke Pemkot Palembang

4. Pemkot Palembang bisa bermitra dengan perbankan lain, kalau dengan BSB tak capai target

Optimalkan Target PAD, BSB Tawarkan Sinergi ke Pemkot PalembangIDN Times/Feny Maulia Agustin

Harnojoyo menuturkan, target pemasangan 500 tapping box di Palembang ini merupakan salah satu cara mewujudkan target PAD. Apalagi, penilaian keberhasilan daerah dilihat dari kemandirian yang diukur melalui berapa besar kemampuan capaian PAD.

"Bila target PAD ini tidak tercapai, dan ternyata bank lain memiliki potensi yang lebih baik, bukan tidak mungkin Pemerintah Kota Palembang mengalihkan kemitraannya ke bank lain," tandas dia.

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Just For You