Viral! Gadis Desa asal Sungai Lilin Muba Dipersunting Bule Australia

Kenal lewat biro jodoh, bertemu saat Asian Games Palembang

Musi Banyuasin, IDN Times - Pesona gadis dari Desa Bumi Kencana Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Provinsi Sumatra Selatan bernama Erna Gayatri ini rupanya mampu memikat seorang bule asal Australia bernama Emir Selim Demirdes.

Mereka mengikat janji setia melalui pernikahan, Kamis (5/5/2022). Akad nikah dan resepsi digelar di kediaman mempelai perempuan

Pernikahan mereka pun tak ayal viral di media sosial. Itu lantaran untuk pertama kalinya gadis desa dinikahi Warga Negara Asing (WNA).

1. Pertama kalinya pernikahan warga lokal dengan WNA

Viral! Gadis Desa asal Sungai Lilin Muba Dipersunting Bule AustraliaIlustrasi Pernikahan (IDN Times/Prayugo Utomo)

Kepala Desa (Kades) Bumi Kencana Erwin Aprianto mengatakan, memang benar ada warganya dipersunting oleh WNA kebetulan beragama Islam juga. 

"Alhamdulillah semua prosesi berjalan lancar. Bahkan pengantin pria sangat fasih mengucapkan ijab qobul," ujar kades yang kebetulan menghadiri acara pernikahan tersebut.         

Erwin mewakili pemerintah desa turut mengucapkan selamat kepada kedua mempelai. Menurutnya ini merupakan sejarah karena untuk pertama kali di desa mereka ada warga lokal dipersunting WNA.

"Pihak keluarga memang sudah jauh hari sebelumnya mengurus segala keperluan administrasinya. Kita dari pemerintah desa terus membantu apa yang dibutuhkan terkait kepengurusan surat-menyurat," ujarnya.

2. Kenal lewat aplikasi biro jodoh dan bertemu saat Asian Games

Viral! Gadis Desa asal Sungai Lilin Muba Dipersunting Bule AustraliaUnsplash.com/Yogas Design

Kakak kandung mempelai perempuan, Ari Andara Putra menjelaskan, jsang adik kenal dengan Emir dari sebuah aplikasi Muslimah, semacam biro jodoh. "Kalau kenal sudah lama bahkan pertama ketemu ada acara Asian Games Palembang 2018 lalu," terangnya.

Kemudian 2019 keduanya kembali bertemu dan sang bule langsung melamar adiknya. 

"Rencananya tahun 2020 kemarin mau menikah namun tertunda karena pandemi Covid-19. Jadi diundur sampai penerbangan dibuka untuk WNA. Setelah menjalani proses administrasi yang lengkap barulah tahun 2022 ini bisa menikah," tutur Ari.

3. Bule Australia keturunan Turki

Viral! Gadis Desa asal Sungai Lilin Muba Dipersunting Bule AustraliaIDN Times/Arief Rahmat

Ari mengatakan, prosesi akad nikah dilaksanakan secara Islam. Pihak keluarga tidak merasa keberatan karena berkeyakinan sama dengan adiknya.

"Memang dari pengantin pria keluarganya muslim semua. Karena walaupun orang Australia tapi ada keturunan Turki," jelasnya.

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya