Perbaikan Jalinteng Betung-Muba Diundur karena Tender Ulang

BBPJN V cuma bisa menambal lubang sementara

Musi Banyuasin, IDN Times - Kondisi Jalan Lintas Tengah (Jalinteng) mulai dari Betung Kabupaten Banyuasin hingga daerah Bailangu Timur Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), masih belum menunjukkan tanda-tanda perbaikan.

Padahal sebelumnya Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Sumatra Selatan (BBPJN Sumsel) telah menandatangani kontrak untuk Paket Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dan paket non SBSN. Isi kontrak itu termasuk perbaikan jalan dan jembatan Betung-Sekayu-Mangunjaya.

1. Perbaikan jalan diundur karena ada tender ulang

Perbaikan Jalinteng Betung-Muba Diundur karena Tender Ulang(Anggota Sat Lantas Polres Muba saat mengatur lalulintas di Jalinteng Bailangu) IDN Times/Yuliani

Kepala BBPJN V Sumsel, Budiamin mengatakan, rencana pembangunan jalan nasional khususnya Jalinteng yang menghubungkan antara jalan Betung-Sekayu sudah berjalan pada 15 Maret 2022 lalu.

"Namun memang terjadi beberapa kendala, salah satunya ada retender sehingga waktu pelaksanaannya agak mundur," ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (8/6/2022).

Dia menjelaskan, kegiatan yang menggunakan dana APBN sebesar Rp214 miliar ini diperkirakan baru bisa selesai pada Desember 2023 mendatang.

"Saat ini masih mobilisasi pekerjaan. Progresnya baru 1 persen, yakni baru mulai dikerjakan," jelasnya.

Baca Juga: BBPJN Kucur Rp1,59 Triliun Perbaikan Jalan Nasional di Sumsel

2. Pengaspalan belum dilakukan karena proses holding

Perbaikan Jalinteng Betung-Muba Diundur karena Tender Ulang(Salah satu truk terguling akibat jalan rusak di Jalinteng Bailangu Timur Kecamatan Sekayu) IDN Times/Yuliani

Pihaknya meminta maaf kepada masyarakat terutama pengguna akses Jalinteng terkait keterlambatan ini. Apalagi pengaspalan belum bisa dilaksanakan sepenuhnya karena butuh proses holding yang memakan waktu.

"Ke depannya Insya Allah kita sudah mulai membenahi paling tidak lubang di ruas Betung-Muba tak lagi membesar. Harap bersabar, segera akan dikerjakan karena Jalinteng sudah masuk dalam proyek skala prioritas," terangnya.

3. Tambah batu agregat di jalan rusak dan berlobang

Perbaikan Jalinteng Betung-Muba Diundur karena Tender Ulang(Anggota Sat Lantas Polres Muba saat gorong-royong memperbaiki jalan di Simpang empat Jalinteng) IDN Times/Yuliani

Kasatker PJN I Palembang, Albar Daen melalui Endi Abdel Rozza sebagai PPK, menyebut pihaknya berupaya memperbaiki kondisi jalan agar bisa dilalui dengan normal.

“Kita menambah batu agregat pada jalan yang rusak. Penambahan batu tersebut agar kondisi arus lalu lintas dapat berjalan lancar,” ujar Endi belum lama ini.

Baca Juga: BBPJN Petakan 11 Jalan Rawan Longsor di Pagar Alam dan Lahat

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya