Makam Pasutri Dibongkar, Pemilik Lahan Kesal Tak Dipilih Pilkades

Makam belasan tahun akhirnya dipindahkan ke TPU

Musi Rawas, IDN Times - Hanya karena persoalan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Pasenan, Kecamatan STL Ulu Terawas, Kabupaten Musi Rawas, Sumatra Selatan (Sumsel), makam pasangan suami istri (pasutri) terpaksa dibongkar. Makam tersebut akhirnya dipindahkan dari lahan keluarga ke Tempat Pemakaman Umum (TPU).

Makam pasutri almarhum Usman dan istrinya yang sudah belasan tahun berada di lahan keluarga almarhum Jamaludin, dipindahkan ke TPU Desa Pasenan Kecamatan STL Ulu Terawas, Minggu (19/3/2023) sekitar pukul 12.00 WIB.

Baca Juga: Pilkades di Mura Diwarnai Ancaman, Warga Ditodong Pistol di Kening

1. Pemilik lahan tak senang karena tak dicoblos

Makam Pasutri Dibongkar, Pemilik Lahan Kesal Tak Dipilih Pilkadeshttps://www.kompasiana.com/amp/jhonyudh/5d141c9b097f366c1967

Penyebab awal pemindahan makam bermula saat anak almarhum Usman, yakni Zulkarnain, tidak memilih calon pemilik lahan yang digunakan untuk pemakaman. Merasa tidak dicoblos saat Pilkades serentak beberapa waktu lalu, pemilik lahan tidak senang terhadap anak almarhum Usman.

Akhirnya, pihak keluarga memindahkan makan Usman dan istrinya dari tempat keluarga almarhum Jamaludin ke TPU Desa Pasenan.

Baca Juga: Kalah Pilkades Ogan Ilir, Petahana Tutup Akses Jalan Setapak

2. Polisi benarkan ada pemindahan makam karena Pilkades

Makam Pasutri Dibongkar, Pemilik Lahan Kesal Tak Dipilih PilkadesIlustrasi warga berdoa di makam keluarganya saat melakukan ziarah kubur di pemakaman. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Kapolsek STL Ulu Terawas, AKP Nastain saat dikonfirmasi wartawan membenarkan adanya informasi tersebut. Pihaknya menelusuri ada dugaan pemindahan makam terkait pelaksanaan Pilkades Pasenan beberapa waktu lalu.

"Anggota sejak Minggu sudah memantau informasi tersebut. Didapatkan informasi bahwa keluarga calon Kades yang juga pemilik lahan tidak senang, makanya dipindahkan," ujarnya.

3. Pihak keluarga secara sukarela memindahkan makam

Makam Pasutri Dibongkar, Pemilik Lahan Kesal Tak Dipilih PilkadesIlustrasi makam. IDN Times/Anggun Puspitoningrum.

Kapolsek menambahkan, proses pemindahan dua makam berjalan aman dan lancar. Bahkan pihak keluarga yakni Zulkarnain mengaku secara sukarela memindahkan makam.

Dalam Pilkades Pasenen Kecamatan STL Ulu Terawas ada tiga calon, yakni nomor urut 1 Dedi Irawan, nomor urut 2 Vusva Indah, dan nomor urut 3 yakni Dori Denana. Pilkades itu akhirnya dimenangkan oleh Dori Denada dengan perolehan 596 suara.

Baca Juga: Pilkades Ogan Ilir Ricuh, Mulai dari Penusukan dan Rusak Kotak Suara

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya