Warga Kampung Nelayan Korban Kebakaran Terima Bantuan Rp5 Juta

Pemprov Sumsel juga dirikan Posko Trauma Healing di Sungsang

Palembang, IDN Times - Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel), Herman Deru, memerintahkan Kepada Dinas Sosial (Dinsos) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) membantu 41 kepala keluarga di Sungsang yang terdampak kebakaran. Setiap kepala keluarga yang terdampak diberi bantuan sebesar Rp5 juta.

"Uang ini akan diberikan untuk keperluan para korban membangun rumah kembali atau pun sewa tergantung kebutuhan. Administrasinya diserahkan ke Pemkab Banyuasin agar proses pengajuannya cepat," jelas Deru, Senin (4/4/2022).

1. Gubernur minta para korban didampingi

Warga Kampung Nelayan Korban Kebakaran Terima Bantuan Rp5 JutaGubernur Sumsel, Herman Deru. (Dok. Humas Pemprov Sumsel)

Kebakaran hebat menghanguskan lebih dari 26 rumah. Kondisi bangunan yang didominasi rumah panggung dari kayu, membuat api dengan cepat melahap Kampung 1 Sungsang. Deru pun meminta tim khusus untuk mengatasi trauma yang dialami anak-anak dan perempuan.

"Setiap musibah pasti menimbulkan trauma bagi para korban. Sebab itu, saya instruksikan Dinsos bekerja sama berbagai pihak untuk mendirikan tempat trauma healing. Khususnya bagi anak-anak yang menjadi korban kebakaran tersebut," jelas dia.

Baca Juga: Puluhan Rumah di Kampung Nelayan Banyuasin Terbakar

2. Kerugian kebakaran mencapai Rp3,5 miliar

Warga Kampung Nelayan Korban Kebakaran Terima Bantuan Rp5 JutaIlustrasi uang rupiah (Unsplash.com/Mufid Majnun)

Sebanyak 41 kepala keluarga terdampak bencana kebakaran telah dilarikan ke posko pengungsian. Lokasi rumah warga yang menjadi korban kebakaran berjarak tak jauh dengan posko. Menurut Deru, tak ada korba jiwa dalam kasus ini meski kerugian ditaksir mencapai Rp3,5 miliar.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Kita sangat bersyukur masyarakat di sini sangat memegang erat gotong royong dan saling membantu sehingga kebakaran tidak meluas," tutur dia.

3. Bantuan sembako sudah berdatangan

Warga Kampung Nelayan Korban Kebakaran Terima Bantuan Rp5 JutaKepala Bidang Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Selatan, Ansori (IDN Times/Rangga Erfizal)

Kabid Penanganan Darurat BPBD Sumsel, Ansori, mengatakan ada 75 paket sembako, 40 paket perangkat kebersihan keluarga, 35 paket family kit dari BPBD dan Dinsos Sumsel yang dikirimkan sejak Minggu kemarin.

Paket bantuan sembako tersebut di antaranya berisi 60 unit makanan siap saji, makanan anak 54 unit, gandum, gula pasir, beras, dan perlengkapan keluarga berupa matras, perlengkapan sekolah anak, serta obat-obatan.

"Bantuan tiba siang tadi, sudah disalurkan ke para korban dengan mendirikan posko pelayanan darurat di lokasi. Kami turut menyiagakan tenaga medis untuk mengobati korban atau warga yang terdampak peristiwa kebakaran di sana," tambah Ansori di Palembang.

Baca Juga: Pria Palembang yang Ditipu Beli Ganja Ternyata Alami Gangguan Jiwa

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya