Tahun 2020 Perkim Sumsel Bangun 100.000 Rumah untuk Golongan Menengah 

Ada 480.000 warga Sumsel yang belum memiliki tempat tinggal

Palembang, IDN Times - Kepala dinas Perumahan rakyat dan kawasan permukiman (Perkim) Sumsel, Basyaruddin menyatakan, masih ada sekitar 480.000 warga Sumsel yang belum memiliki tempat tinggal. 

Kondisi itu terjadi karena setiap tahun kebutuhan masyarakat untuk memiliki hunian rumah itu terus bertambah. jadi, pihaknya sudah menetapkan menargetkan pembangunan rumah untuk warga di Sumsel.

1. Perkim Sumsel targetkan 2020 membangun 100.000 perumahan baru

Tahun 2020 Perkim Sumsel Bangun 100.000 Rumah untuk Golongan Menengah Pengentasan wilayah kumuh di Sumsel difokuskan di 7 Kabupaten/kota (IDN Times/Rangga Erfizal)

Basyaruddin mengungkapkan, setiap tahunnya Dinas Perkim memang menargetkan pembangunan kawasan hunian baru bagi masyarakat, khususnya golongan menengah ke bawah.

"Khusus untuk tahun 2019 pihaknya menargetkan terealisasi sekitar 60.000 rumah. Sedangkan tahun 2020 mendatang target itu meningkat menjadi 100.000 kawasan rumah baru," ungkap dia, Senin (25/11).

2. Kebutuhan perumahan paling besar ada di Palembang

Tahun 2020 Perkim Sumsel Bangun 100.000 Rumah untuk Golongan Menengah 7 kabupaten menjadi fokus pengentasan wilayah kumuh (IDN Times/Rangga Erfizal)

Untuk mencapai target itu, pihaknya memberi jalan bagi pengembang property dan developer untuk membangun perumahan bersubsidi di Sumsel. Karena pertumbuhan masyarakat di Kota Palembang lebih pesat dari kabupaten/kota lainnya, maka kebutuhan paling besar itu ada di Palembang. 

Basyaruddin melanjutkan, pemerintah pusat mencatat laju pertumbuhan itu meningkat, seiring banyaknya pasangan muda yang menikah. Otomatis kebutuhan akan perumahan juga meningkat.

"Pemerintah pusat mencatat pasangan baru yang menikah di Indonesia pada tahun ini saja mencapai 834.000 pasang. Jadi memang setiap tahun itu kebutuhan rumah bakal terus meningkat," jelas dia.

Baca Juga: SPBU Batasi Pembelian Rp100.000, Solar di Palembang Langka? 

3. Pemerintah bantu subsidi lewat prasarana

Tahun 2020 Perkim Sumsel Bangun 100.000 Rumah untuk Golongan Menengah Dinas Perkim mengecek perumahan yang dibangun tahun 2019 (IDN Times/Istimewa)

Basyaruddin menerangkan, pihaknya akan membiayai pembangunan melalui kredit mikro dari salah satu bank yang sudah dirujuk oleh pemerintah. Selain itu, akan membantu melalui koperasi, bila dalam pengajuan ke bank ada masyarakat yang BI checking-nya tidak bagus.

"Kami juga akan membantu dalam prasarana rumah mereka, seperti akses pengecoran jalan dan drainase," tandas dia.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya