Sumsel Habiskan Rp30 Miliar Perbaiki Stadion Demi Piala Dunia U-20

Dana yang dihabiskan demi memperbaiki stadion standar FIFA

Palembang, IDN Times - Piala Dunia U-20 yang diadakan di enam kota terancam batal. FIFA disebut-sebut telah mencari tuan rumah lain untuk menggantikan posisi Indonesia setelah ada beberapa pihak yang menolak Timnas Israel berlaga di Tanah Air.

Jika benar batal menyelenggarakan FIFA World Cup U-20, Indonesia sebagai tuan rumah dinilai memilih langkah yang mundur. Apalagi Sumatra Selatan (Sumsel) telah menganggarkan dana Rp30 miliar untuk memperbaiki stadion selama tiga tahun.

"Anggaran yang dikeluarkan dari 2020 hingga 2022 kisaran Rp30 miliar," ungkap Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Sumsel, Basyaruddin Akhmad, Selasa (28/3/2023).

Baca Juga: DPRD Sumsel Tegas Tolak Israel Berpartisipasi di Piala Dunia U-20

1. Stadion Jakabaring disesuaikan dengan standar FIFA

Sumsel Habiskan Rp30 Miliar Perbaiki Stadion Demi Piala Dunia U-20Stadion Gelora Sriwijajaya Jakabaring (GSJ) Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Basyaruddin menerangkan, perbaikan stadion menyesuaikan standar FIFA untuk mempersiapkan Piala Dunia U-20. Bahkan sejak awal 2023, perbaikan kembali dilakukan untuk memastikan kesiapan Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ).

"Untuk tahun ini tidak dianggarkan lagi karena sudah ada dari Kementerian PUPR," kata dia.

Baca Juga: Israel Peserta Piala Dunia U20, Sumsel Ikut Keputusan Negara

2. Palembang punya stadion berstandar FIFA

Sumsel Habiskan Rp30 Miliar Perbaiki Stadion Demi Piala Dunia U-20Stadion Gelora Sriwijajaya Jakabaring (GSJ) Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Terkait kabar batalnya Piala Dunia U-20, Basyaruddin menilai ke depan GSJ bisa digunakan untuk kepentingan olahraga daerah. Adapun hikmahnya, Palembang memiliki stadion bertaraf internasionap dengan standar FIFA.

"Paling tidak stadion kebanggaan kita sudah upgrade. Lampunya, rumputnya, giant scoring board-nya dan fasilitas lainnya. Jadi ambil hikmahnya saja," beber dia.

3. GSJ diklaim sudah siap 99 persen

Sumsel Habiskan Rp30 Miliar Perbaiki Stadion Demi Piala Dunia U-20Gubernur Sumsel Herman Deru dan Ketua Umum PSSI Erick Tohir (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sebelumnya, FIFA telah memberikan catatan kepada GSJ untuk berbenah menyambut kick off Piala Dunia U-20. Beberapa perwakilan FIFA bahkan telah datang untuk memerksa kesiapan GSJ pekan lalu.

"Kalau sesuai syarat fisik pengerjaan infrastruktur sampai hari ini sudah 99 persen," ungkap Gubernur Sumsel, Herman Deru.

Deru menuturkan, Pemprov Sumsel sudah secara serius menyiapkan keikutsertaan Palembang sebagai tuan rumah sejak 2019 silam. Bahkan ketika pandemik COVID-19, renovasi stadion sudah dilakukan untuk menyesuaikan ketentuan FIFA.

"Memang ada beberapa catatan terakhir seperti pemotongan pagar tribun (VIP) dan pemasangan kain hitam di lapangan latihan," jelas dia.

Baca Juga: Pemprov Sumsel Klaim Infrastruktur GSJ Siap 99 Persen

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya