PT KAI Palembang Catat Kenaikan Penumpang di Semester Pertama 2024

Naiknya penumpang karena peningkatan layanan masyarakat

Intinya Sih...

  • KAI mencatat peningkatan jumlah penumpang semester pertama 2024 sebanyak 505.634, naik 11,2% dari tahun sebelumnya.
  • Peningkatan fasilitas pelayanan di stasiun seperti arena bermain anak dan pojok baca untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan.
  • KAI memberikan kemudahan pemesanan tiket online H-45 dari keberangkatan dan kebijakan pengembalian dana pembatalan tiket yang lebih fleksibel.

Palembang, IDN Times - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat peningkatan jumlah penumpang pada semester pertama 2024. Dari data PT KAI pada semester pertama 2024 ada sekitar 505.634 penumpang atau naik dari 437.635 dari tahun sebelumnya di 2023.

"Ada peningkatan 11,2 persen dibandingkan semester 1 tahun 2023," ungkap Manager Humas KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti, Rabu (10/7/2024).

Baca Juga: Penumpang LRT Palembang Naik Hingga 30 Persen Saat Idul Adha

1. Berikan pelayanan prima untuk masyarakat

PT KAI Palembang Catat Kenaikan Penumpang di Semester Pertama 2024Ilustrasi penumpang KAI (IDN Times/Fariz Fardianto)

Aida mengungkapkan, beberapa faktor yang mendorong peningkatan volume pelanggan seperti peningkatan fasilitas pelayanan di stasiun.

Menurutnya, pelayanan KAI semakin ramah anak dengan penyediaan arena bermain anak dan pojok baca di ruang tunggu stasiun untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan.

"KAI Divre III terus berupaya meningkatkan kinerja tepat waktu kereta api untuk memberikan pelayanan yang prima kepada pelanggan," jelas dia.

Baca Juga: Imbas Blackout, LRT Palembang Batalkan 57 Perjalanan 

2. Masyarakat bisa kembalikan tiket maksimal H-7

PT KAI Palembang Catat Kenaikan Penumpang di Semester Pertama 2024(Humas KAI Daop 2 Bandung)

Selain itu juga, Aida menyebutkan beberapa kemudahan lain diberikan KAI seperti pemesanan tiket online yang dapat dipesan H-45 dari waktu keberangkatan.

"Saat ini juga ada kebijakan pengembalian dana pembatalan tiket juga lebih fleksibel dan dana pembatalan tiket dapat dikembalikan maksimal 7 hari sebelum keberangkatan," jelas dia.

3. Jumlah penumpang meningkat saat libur sekolah

PT KAI Palembang Catat Kenaikan Penumpang di Semester Pertama 2024Pelayanan kereta api di Stasiun Tanjungkarang. (Dok. KAI Divre IV Tanjungkarang).

Pada periode angkutan libur Idul Adha dan libur sekolah tahun ajaran 2023/2024, KAI Divre III telah menjual 98.166 tiket atau 119 persen dari ketersediaan tempat duduk.

Hingga 9 Juli 2024, KAI Divre III telah mengangkut 84.103 penumpang dari 8 stasiun keberangkatan.

Baca Juga: Tas Misterius di LRT Palembang Dikira Bom Ternyata Perlengkapan Bayi

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya