Comscore Tracker

Pekerja di Banyuasin Hilang Diseret Buaya Saat Memasang Jaring

Buaya memangsa manusia sering terjadi di lokasi kejadian

Banyuasin, IDN Times - Seorang pekerja yang mengisi waktu istirahat mencari ikan tiba-tiba diseret ke dalam air oleh buaya di Sungai Rengit, Kabupaten Banyuasin. Peristiwa naas itu menimpa Yon Ardi (35) di sebuah aliran sungai buatan yang mengarah ke kawasan Sungai Patin, Banyuasin.

"Informasi awal kami dapatkan korban mencari ikan diseret buaya. Korban sedang memasang jaring di sebuah kanal perusahaan tempatnya bekerja," ungkap Kepala seksi Konservasi Wilayah I dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Yusmono, Selasa (21/6/2022).

1. Korban bersama keponakannya memasang jaring di sungai

Pekerja di Banyuasin Hilang Diseret Buaya Saat Memasang JaringLokasi tempat pekerja di kawasan Sungai Rengit diseret buaya (Dok: SKW I)

Dari informasi yang didapatkan Yusmono, korban Ardi tak sendirian saat memasang jaring ikan di kanal. Ia ditemani keponakannya. Namun saat itu, sisi jaring yang dipegang Yusmono ditarik. Seketika itu pula ia masuk ke dalam air.

"Melihat pamannya diseret buaya, keponakannya langsung naik dan mencari pertolongan," jelas dia.

Baca Juga: Cerita Heroik Warga Banyuasin Tangkap Buaya Lepas Hingga Terluka 

2. Korban belum ditemukan sampai hari ini

Pekerja di Banyuasin Hilang Diseret Buaya Saat Memasang Jaringdepositphotos.com

Yusmono menyebut jika wilayah Sungai Rengit sebagai wilayah jelajah buaya. Warga di sekitar memahami kondisi aliran sungai sangat berbahaya untuk aktivitas manusia. Namun hal itu tak diketahui korban yang baru dua bulan pindah bekerja di Sungai Rengit. Padahal di sepanjang aliran sungai sudah terpasang papan peringatan tak boleh beraktivitas di dalam air.

"Kejadian orang hilang diseret buaya bukan yang pertama. Petugas perusahaan sudah mengingatkan jangan main ke air. Jadi sampai sekarang belum ketemu. Sudah dilakukan pencarian dari kemarin hingga sore tadi tapi belum ditemukan," jelas dia.

Baca Juga: Ternyata Buaya Muara Sumsel Lebih Agresif Saat Fase Bertelur

3. Buaya cenderung menyembunyikan korbannya

Pekerja di Banyuasin Hilang Diseret Buaya Saat Memasang JaringIlustrasi (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)

Yusmono mengatakan jika buaya memiliki kecenderungan untuk menenggelamkan mangsanya di dalam air. Setelah itu, buaya akan membawa tubuh manusia ke daratan untuk disembunyikan.

"Buaya tidak menghabiskan makannya di dalam air. Jadi kemungkinan dibawa ke daratan untuk dikoyak-koyak dan disembunyikan. Apalagi di sisi kiri dan kanan banyak semak belukar seperti purun," tutup dia.

Baca Juga: Perahu Terbalik Saat Cari Ikan, Nelayan Banyuasin Tewas Diterkam Buaya

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya