Kosgoro 1957 Banyuasin Gaet Suara Pemula di Pemilu 2024

Kosgoro bakal mendekatkan diri lewat olahraga dan seni

Banyuasin, IDN Times - Pimpinan Daerah Kolektif Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (PDK Kosgoro) 1957 Banyuasin, menyiapkan strategi jelang pemilu 2024 untuk memenangkan Partai Golong Karya (Golkar) di wilayahnya.

Organisasi sayap partai Golkar ini menyiapkan strategi untuk menyerap suara anak muda, khususnya pemilih pemula dalam pemilu mendatang.

"Kami melihat suara anak muda meningkat 6-8 persen dari pemilu sebelumnya. Kami memilih seni dan olahraga sebagai pendekatan untuk memberikan literasi politik kepada pemuda kaum milenial," ungkap Ketua PDK Kosogoro 1957 Banyuasin, Muhammad Kadafi, Sabtu (18/3/2023).

Baca Juga: Ridho-Giri Saling Kode Berpasangan di Pilkada Sumsel 2024

1. Internet dan media sosial digemari anak muda

Kosgoro 1957 Banyuasin Gaet Suara Pemula di Pemilu 2024Pelantikan pengurus Kosgoro Banyuasin (Dok: istimewa)

Kadafi menerangkan, pihaknya menyebut pendekatan olahraga dan seni merupakan satu wadah untuk masuk ke anak muda demi memberikan literasi politik. Pihaknya mengajak anak muda agar lebih peduli dan memahami soal situasi politik di tahun depan.

"Termasuk pendekatan melalui media sosial (internet) akan dibangun untuk mendekati pemilih pemula," jelas dia.

Baca Juga: PDIP Sumssl Targetkan Peningkatan Kursi di DPR dan DPRD

2. Anak muda gemar kegiatan olahraga dan seni

Kosgoro 1957 Banyuasin Gaet Suara Pemula di Pemilu 2024Pelantikan pengurus Kosgoro Banyuasin (Dok: istimewa)

Anak muda dinilai antipati terhadap politik. Dengan adanya terobosan pendekatan lewat kegiatan yang digemari anak muda, pihaknya berharap akan menjadi jalan masuk literasi politik.

Dari hasil survei Pengurus Pusat Kosgoro, perpaduan seni, olahraga, dan teknologi, masuk pada tingkatan teratas yang digemari pemuda milenial se-Indonesia.

"Anak muda lebih menggemari aktivitas itu, ketimbang kegiatan politik yang berat-berat," jelas dia.

3. Kosgoro Banyuasin adopsi program DPP Kosgoro

Kosgoro 1957 Banyuasin Gaet Suara Pemula di Pemilu 2024Nexter.org

Kadafi menjelaskan dalam pelaksanaan pemberian literasi politik tersebut, Pimpinan Daerah Kolektif Kosgoro 1957 bersama Barisan Muda Kosgoro 57 Banyuasin akan mengadopsi kegiatan Solidarity Sport Fest yang dilakukan Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Solidarity Sport Fest merupakan sebuah kompetisi olahraga dan musik dengan mempertandingkan lima cabang olahraga, termasuk e-sport dengan jumlah peserta sebanyak 3.000 kalangan milenial pada September 2022 di Jakarta

Selama berkegiatan SSF itu, peserta diberikan pemahaman politik itu menjunjung tinggi sportivitas, kejujuran, dan kegigihan dalam mencapai tujuan bersama.

"Gambarannya seperti itu yang akan kami terapkan di Banyuasin tahun ini. Tapi Pertama sesuai arahan dari ketua pusat, kita lakukan konsolidasi menyatukan suara setiap wilayah ranting jelang Pemilu 2024 ini," tutup dia.

Muhammad Kadafi merupakan Ketua Pimpinan Daerah Kolektif Kosgoro 1957 Kabupaten Banyuasin periode 2023-2028 yang baru dilantik Ketua Pimpinan Pusat Kosgoro, Dave Laksono, melalui Ketua Pimpinan Daerah Kosgoro 1957 Sumsel, RA Anita Noeringhati, Sabtu (18/3/2023). RA Anita Noeringhati juga melantik Noprian Hendri sebagai Ketua Barisan Muda Kosgoro 57 Kabupaten Banyuasin 2023-2028.

Baca Juga: Kotak Suara Pemilu 2024 Disebut Bakal Tahan Air

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya