Jelang Nataru KAI Divre III Sediakan 14.800 Kursi, Ini Rutenya

Untuk antar provinsi layanan masih belum dibuka

Palembang, IDN Times - PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional III (KAI Divre III) Palembang, belum membuka layanan kereta jarak jauh antar provinsi dari Stasiun Kertapati dan ke Stasiun Tanjungkarang, Bandar Lampung atau sebaliknya akibat pandemik COVID-19. Namun, untuk Natal dan Tahun Baru (Nataru) ini, hanya melayani rute jarak jauh di wilayah Sumatera Selatan.

"Saat ini kereta yang beroperasi hanya kereta api Bukit Serelo rute Kertapati – Lubuklinggau (PP). Selama Nataru disediakan 14.800 kursi penumpang," jelas Manager Humas PT KAI Divre III, Aida Suryanti, Sabtu (19/12/2020).

1. Rapid test antigen masih tunggu arahan pusat

Jelang Nataru KAI Divre III Sediakan 14.800 Kursi, Ini RutenyaStasiun Kertapati Palembang (IDN Times/Rangga Efrizal)

Menurut Aida, untuk layanan pengguna kereta api, pihaknya masih mewajibkan masyarakat membawa bukti hasil rapid tes maupun swab untuk melakukan perjalanan sesuai ketentuan masa berlaku 14 hari sejak dikeluarkan. Bagi masyarakat yang ingin berpergian namun belum melakukan rapid tes, pihaknya membuka posko untuk pelayanan rapid.

"Rapid tes di stasiun masih dilakukan, sedangkan untuk kebijakan pemberlakuan rapid anti gen, kami masih menunggu arahan lebih lanjut dari pusat," ujar dia.

2. KAI siaga titik rawan di jalur perlintasan

Jelang Nataru KAI Divre III Sediakan 14.800 Kursi, Ini RutenyaStasiun kereta Api Kertapati Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Momentum Nataru bertepatan dengan musim hujan, untuk itu KAI menyiapkan, alat material untuk siaga (AMUS). Itu berupa peralatan pemelihara jalur rel seperti mesin pemadat tubuh rel (Mesin MTT dan mesin PBR), dan ekskavator.

Aida mengatakan, , alat berat ini disiapkan mewaspadai daerah rawan longsor, diantaranya petak jalur Niru ke Penimur, Jalur antara stasiun Ujan Mas dan Stasiun Belimbing di Kabupaten Muara Enim. Lalu perlintasan Muara Saling ke Tebing Tinggi kabupaten Empat Lawang, dan di kabupaten Empat Lawang.

"Total ada empat titik rawan yang kita antisipasi. Karena melintasi perbukitan dan sangat rentan amblas di musim hujan," jelas dia.

3. Siapkan posko khusus

Jelang Nataru KAI Divre III Sediakan 14.800 Kursi, Ini RutenyaPenyemprotan disinfektan kereta di stasiun kertapati Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Aida mengatakan, untuk Nataru ini para penumpang dapat membeli tiket secara langsung maupun online. Pihaknya pun telah menyiagakan posko nataru selama 20 hari mulai dari 18 Desember hingga 6 Januari 2021 mendatang.

"Protokol kesehatan tetap diberlakukan selama nataru ini. Tempat duduk penumpang pun akan berjarak," tutup dia.

Baca Juga: PT KAI Divre III Palembang Tetap Operasionalkan Kereta Sesuai Jadwal

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya