Comscore Tracker

Gubernur Sumsel Klaim Infrastruktur Bisa Turunkan Angka Kemiskinan

Refleksi satu tahun kepemimpinan Herman Deru - Mawardi Yahya

Palembang, IDN Times - Seluruh Kepala Dinas dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel dikumpulkan Gubernur Sumsel, Herman Deru di Griya Agung, Rabu (9/10).

Rapat tertutup tersebut untuk menilai sejauh mana kinerja yang sudah dibangun dalam satu tahun terakhir pada masa kepemimpinan Herman Deru dan Mawardi Yahya (HD-MY) yang telah berjalan.

"Kita melakukan refleksi satu tahun pemerintahan Herman Deru-Mawardi Yahya. Secara keseluruhan, nilainya positif dan saya cukup gembira dengan capaian OPD," jelas Herman Deru, Rabu (9/10).

1. Herman Deru masih mencari formula terkait ada kabupaten yang biaya hidupnya mahal

Gubernur Sumsel Klaim Infrastruktur Bisa Turunkan Angka KemiskinanIDN Times/Rangga Erfizal

Herman Deru mengungkapkan, ada satu yang mengganjal selama masa kepemimpinannya menjadi orang nomor satu di Sumsel ini. Masih ada satu kabupaten yang biaya hidupnya relatif tinggi. Hal itu menjadi  tantangan, bagaimana kondisi seperti itu bisa ditekan secepat mungkin.

Fokus utama Pemprov Sumsel, sambungnya, adalah pembangunan infrastruktur jalan untuk menyejahterakan masyarakat agar biaya hidupnya dapat ditekan.

"Ada beberapa catatan, mengenai kebutuhan hidup yang mahal di Muratara yang sampai Rp436.000 per bulan, kurang dari itu masuk kategori miskin. Untuk mencapai tingkat kesejahteraan layak, bisa memurahkan biaya hidup dan menaikkan penghasilan. Tapi kok biaya hidupnya tinggi, di sana ada apa. Sedangkan di Kabupaten OKU Timur hanya Rp317.000  per bulan," ungkap dia.

2. Herman Deru yakin laju ekonomi sejalan dengan pembangunan infrastruktur

Gubernur Sumsel Klaim Infrastruktur Bisa Turunkan Angka Kemiskinanilustrasi/ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Mantan Bupati OKU Timur dua periode itu menjelaskan, pihaknya akan mengkaji apa permasalahan yang terjadi di kabupaten Muratara itu. Tapi, dengan adanya infrastruktur baru tersebut, akses pertumbuhan ekonomi akan meningkat.

"Jadi apa masalahnya, kalau bicara infrastruktur sudah diperbaiki. Bahkan saya bisa ngomong, sekarang semua jalan provinsi sudah layak dilintasi. Buktinya ada, penurunan kemiskinan, artinya ada hubungan langsung dengan infrastruktur dan biaya hidup," jelas dia.

Baca Juga: Herman Deru Klaim 1 Tahun Jalan Provinsi Tuntas, Ini Kata Pengamat

3. Herman Deru memastikan program tahun 2020 tetap infrastruktur

Gubernur Sumsel Klaim Infrastruktur Bisa Turunkan Angka KemiskinanIDN Times/Rangga Erfizal

Kemudian, Herman Deru menerangkan, bahwa program visi dan misi kepemimpinan HD-MY yang tertuang dan disetujui DPRD, sudah menjelaskan mengenai pembangunan infrastruktur untuk pemerataan ekonomi. Untuk itu, pada tahun kedua kepemimpinan Deru dan Mawardi, tetap memprioritaskan pembangunan Infrastruktur.

"2020 tetap infrastruktur. Angka kemiskinan satu tahun ini sudah ada penurunan. Artinya, sinkronisasi program berjalan dengan baik. Bersama masyarakat saya harap angka kemiskinan di Sumsel kita tekan dan semoga kalau bisa kita tiadakan," tandas dia.

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Just For You