Comscore Tracker

Baru Muara Enim Mencapai Target 100 Persen Vaksinasi Guru 

Tenaga pendidik di PAUD hingga dosen sudah menerima vaksin

Palembang, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan (Pemprov Sumsel) masih melakukan percepatan vaksinasi kepada tenaga pendidik yang mencapai 144.807 orang. Dari total target tersebut, Dinas Kesehata (Dinkes Sumsel) mengklaim telah melakukan vaksinasi terhadap 80.887 orang, atau sekitar 55,86 persen.

"Program ini diberikan mulai dari guru tingkat PAUD hingga perguruan tinggi. Semua akan kita berikan agar proses pendidikan segera dimulai," ungkap Kepala Seksi Survailens dan Imunisasi dari Dinkes Sumsel, Yusri, Rabu (9/6/2021).

1. Vaksin guru di 11 kabupaten dan kota belum mencapai 65 persen

Baru Muara Enim Mencapai Target 100 Persen Vaksinasi Guru Kepala Seksi Surveilans Imunisasi Dinas Kesehatan Sumatera Selatan (Sumsel) Yusri (IDN Times/Dokumen)

Menurut Yusri, perlu upaya dari Dinkes tiap daerah mempercepat vaksinasi. Sejauh ini, baru satu wilayah di Sumsel yang berhasil melakukan vaksinasi sampai 100 persen, yakni Kabupaten Muara Enim.

Sedangkan Kota Lubuk Linggau baru mencapai di atas 77 persen, diikuti OKU Timur di atas 72 persen, Palembang di atas 71 persen, Lahat di atas 66 persen, Mura di atas 65 persen, dan sisanya masih di bawah 65 persen.

"Kita sudah mengimbau ke Dinkes Kabupaten dan Kota agar segera memberi vaksin guru," jelas dia.

Baca Juga: Guru TK di Palembang Prioritas Terima Vaksinasi COVID-19

2. Target vaksin guru sudah selesai bulan ini

Baru Muara Enim Mencapai Target 100 Persen Vaksinasi Guru ilustrasi penyuntikan vaksin (ANTARA FOTO/REUTERS/Amit Dave)

Dalam waktu dekat, Dinas Pendidikan (Dinkes) Sumsel telah bersiap membuka kembali sekolah untuk belajar tatap muka. Dengan berjalannya vaksin, diharapkan para guru sudah terlindungi dan dapat kembali mengajar di kelas.

"Vaksinasi untuk guru harus terus digencarkan, targetnya bulan ini harus selesai untuk dosis pertamanya," ujar dia.

Baca Juga: Gubernur Lampu Hijau, 24 Sekolah di Sumsel Siap Tatap Muka

3. Vaksin lansia masih rendah

Baru Muara Enim Mencapai Target 100 Persen Vaksinasi Guru Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Yusri menambahkan, sejauh ini pihaknya juga berupaya menyelesaikan vaksinasi tahap pertama terhadap tenaga kesehatan (nakes), pelayan publik, dan lansia. Jumlah nakes yang sudah mendapat vaksin mencapai 93,66 persen, atau 45.902 orang.

Lalu pelayan publik mulai dari anggota TNI, Polri, Guru, dan pekerja sektor publik mencapai 61,68 persen atau sekitar 271 ribu orang.

"Untuk lansia terus kita upayakan. Dari target 720 ribu baru 66.767 orang yang diberikan vaksin atau masih sekitar 9,27 persen," jelas dia.

Baca Juga: Epidemiolog Sebut Pemkot Palembang Tak Tegas Tangani COVID-19

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya