Comscore Tracker

1.500 Warga Palembang Ikuti Salat Berjamaah Perdana Masjid Agung

Warga dilarang masuk jika tidak bermasker

Palembang, IDN Times - Kumandang azan dari menara Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I Joyo Wikramo Palembang, langsung memanggil umat Islam yang berada di Palembang untuk melaksanakan ibadah, setelah dua bulan masjid ditutup. 

Sejak gerbang masuk masjid terbuka, antrean kendaraan roda dua dan empat serta masyarakat yang berjalan kaki mengular. Pengelola masjid dibantu aparat polisi yang berjaga memang memeriksa suhu tubuh satu per satu warga yang datang masuk.

"Mohon helm, dan kaca mobilnya di buka. Yang tidak menggunakan masker, silakan keluar untuk membeli masker yang di jual di seberang masjid. Ini sudah peraturan jika tidak, dilarang masuk," ujar petugas kepolisian yang berjaga di depan pintu masuk, Jumat (5/6).

Baca Juga: Cerita Calon Jemaah Palembang, Penantian 8 Tahun Jadi Haji Gagal 

1. Ada 1.500 warga Palembang yang memadati Masjid Agung

1.500 Warga Palembang Ikuti Salat Berjamaah Perdana Masjid AgungMasjid Agung Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Ketua Yayasan Masjid Agung, Kgs Ahmad Sarnubi, mengatakan, pembukaan masjid disambut antusias masyarakat. Dirinya memperkirakan hari ini ada 1.500 orang yang mengikuti prosesi ibadah.

"Kita sambut baik dengan adanya kebijakan pemerintah Kota Palembang yang beberapa waktu lalu datang memberikan izin pembukaan kembali masjid," ujar Sarnubi saat ditemui IDN Times.

Antusiasme masyarakat ini cukup beralasan sebab sejak kasus awal konfirmasi positif COVID-19 pada akhir Maret 2020, pemerintah langsung mengambil kebijakan dan meminta warga ibadah di rumah.

"Selama larangan kita hanya buka satu ruangan, dan prosesi ibadah Jumat selama ini sama sekali tidak dilakukan, dengan pertimbangan lokasi masjid kita berada di tengah kota, dan memiliki jemaah yang luas dari seluruh penjuru Kota Palembang," ujar dia.

2. Pemeriksaan suhu tubuh dilakukan sejak pintu masuk

1.500 Warga Palembang Ikuti Salat Berjamaah Perdana Masjid AgungPemeriksaan suhu tubuh oleh remaja masjid (IDN Times/Rangga Erfizal)

Untuk pembukaan perdana masjid Agung hari ini, pihaknya melakukan pemeriksaan ketat di pintu masuk masjid. Masyarakat yang akan masuk diperiksa suhu tubuh. Bila didapati suhu tubuhnya di atas 38 derajat, maka mereka disuruh pulang.

"Kita juga siapkan sabun di tempat-tempat wudu. Spanduk imbauan juga kita pasang. Tempat ibadah diberi jarak sesuai tanda silang yang kita berikan," ujar dia.

3. Prosesi ibadah selain salat wajib belum diadakan

1.500 Warga Palembang Ikuti Salat Berjamaah Perdana Masjid AgungProsesi ibadah di masjid Agung Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Dalam pelaksanaan ibadah, Masjid Agung Palembang hanya dibuka untuk prosesi salat wajib. Sedangkan acara keagamaan lainnya seperti kajian agama hingga pengajian belum akan dilakukan dalam waktu dekat.

"Kita tetap berpedoman Palembang masih zona merah. Jadi untuk aktivitas lainnya belum kita lakukan," tegas dia.

Baca Juga: Salat Jumat Pertama di Masjid Agung Palembang Sejak Pandemik Merebak 

4. Masyarakat sambut antusias salat di masjid Agung

1.500 Warga Palembang Ikuti Salat Berjamaah Perdana Masjid AgungProsesi ibadah Jumat di Masjid Agung Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sementara itu, Abdullah Toriq (25) warga Palembang yang mengikuti prosesi ibadah Salat Jumat mengaku antusias mendengar kebijakan pemerintah Kota Palembang pada (2/6) lalu tentang pembukaan masjid. Dia mengaku rindu bisa berjemaah di masjid terbesar di Kota Palembang itu. 

"Saya memang selalu salat di sini, Alhamdulillah hari ini sudah dibuka. Tetap kita lakukan protokol kesehatan untuk masuk masjid," kata dia.

Topic:

  • Rangga Erfizal
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya