Tanpa PCR dan Antigen, Penumpang Bandara Palembang Naik 100 Persen

Namun jumlah penerbangan masih sangat terbatas

Palembang, IDN Times - Pencabutan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) dan antigen sebagai syarat perjalanan bagi yang sudah vaksin lengkap, memengaruhi peningkatan jumlah penumpang di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang.

"Ya kita akui setelah aturan wajib PCR dan antigen dicabut, dampaknya cukup signifikan kita rasakan selama dua hari ini," ujar Eksekutif GM Bandara SMB II Palembang, Tommy Ariesdianto, Jumat (11/3/2022).

1. Aktivitas di Bandara SMB II Palembang padat

Tanpa PCR dan Antigen, Penumpang Bandara Palembang Naik 100 PersenBandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) 2 Palembang. (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Peniadaan hasil tes PCR dan antigen juga membuat aktivitas di bandara semakin padat. Hal itu menunjukkan bahwa masyarakat sudah sadar untuk vaksinasi COVID-19 hingga dosis kedua atau booster.

"Dari pencabutan syarat tes uji kesehatan ini, kita lihat load factor peningkatan penumpang mencapai 90-100 persen," kata dia.

Baca Juga: Antrean Migor di Lubuk Linggau, Warga Berebut Tanpa Prokes

2. Frekuensi penerbangan di SMB II Palembang belum normal

Tanpa PCR dan Antigen, Penumpang Bandara Palembang Naik 100 PersenIlustrasi di Bandara SMB II Palembang (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Tommy menyampaikan, bahkan ada penumpang yang tidak mendapatkan tiket dan kehabisan jadwal penerbangan karena kapasitas pesawat penuh. Ia mengakui jika peningkatan penumpang belum diiringi jumlah penerbangan.

"Frekuensi penerbangan masih belum ada penambahan, dan kita harap pencabutan aturan wajib PCR dan Antigen ini bisa diiringi penambahan flight (penerbangan)," jelas dia.

3. Rata-rata penumpang di bandara SMB II Palembang mencapai 4 ribu orang per hari

Tanpa PCR dan Antigen, Penumpang Bandara Palembang Naik 100 PersenSituasi di Stasiun LRT Bandara SMB II Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Jumlah penerbangan di SMB II mencapai sekitar 17 keberangkatan per hari. Rata-rata penumpang mencapai 4.000-5.000 orang dan rute dominan menuju atau dari DKI Jakarta.

"Kita akan terus membuka slot penambahan penerbangan, sebab rute-rute yang ada statusnya masih aktif dan tinggal menunggu pengajuan maskapai," timpalnya.

4. Jam operasional Bandara SMB II Palembang akan bertambah

Tanpa PCR dan Antigen, Penumpang Bandara Palembang Naik 100 PersenBandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Ketua Airline Operation Comite Bandara SMB II Palembang, Yudo Prihatin menambahkan, pencabutan syarat tes PCR dan antigen diharapkan bisa meningkatkan jumlah penumpang di semua rute perjalanan.

"Secara angka, armada di aircraft kita memang agak terbatas alat produksi untuk seluruh maskapai. Tapi siap-siap nanti operating hour bandara akan bertambah," tandas dia.

Baca Juga: Viral Video Warga Lahat Sumsel Antre Kiloan Meter Demi Minyak Goreng

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya