Stok Obat PMK di Palembang Habis, Hewan Ternak Diberi Obat Manusia

Hewan yang terjangkit PMK di Palembang ada 1.000 ekor lebih

Palembang, IDN Times - Ribuan hewan ternak terutama sapi di Palembang sudah positif terjangkit Penyakit Mulut Dan Kuku (PMK). Namun hingga saat ini pengobatan PMK belum bisa dilakukan maksimal, karena Pemerintah Kota (Pemkot) kehabisan stok obat.

"Itulah kendalanya, sehingga dokter hewan terpaksa memberikan obat manusia seperti Paracetamol dan Amoxicillin ke sapi yang terpapar PMK itu sebagai langkah alternatif," ujar Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Palembang, Sayuti, Kamis (9/6/3022).

1. Ketersediaan obat PMK di Gudang Pemprov Sumsel terbatas

Stok Obat PMK di Palembang Habis, Hewan Ternak Diberi Obat ManusiaIlustrasi pengecekan dan sosialisasi antisipasi penyebaran PMK yang menyerang hewan ternak (Dokumen pribadi)

Pemkot Palembang kesulitan mendapatkan pasokan obat untuk menyembuhkan sapi ternak yang terpapar PMK, karena stok obat di tingkat distributor pusat sudah habis untuk alokasi ke Pulau Jawa.

"Sementara stok obat di gudang penyimpanan Dinas Peternakan Provinsi juga terbatas, karena disiapkan untuk memenuhi semua kebutuhan di kabupaten dan kota lain," kata dia.

Baca Juga: Waduh, 1.000 Ekor Lebih Hewan Ternak di Palembang Terpapar PMK

2. Palembang meminta pasokan dari instansi terkait lain

Stok Obat PMK di Palembang Habis, Hewan Ternak Diberi Obat ManusiaIlustrasi hewan ternak. (IDN Times/Indiana Malia)

Mengatasi persoalan stok obat PMK ini, Pemkot sedang berkonsultasi dengan Direktorat Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, Balai Veteriner Lampung, dan Asosiasi Obat Hewan Indonesia (ASOHI).

"Supaya kita bisa segera mendapatkan pasokan obat," timpalnya.

3. Pemkot Palembang masih mengupayapakan pengobatan PMK optimal

Stok Obat PMK di Palembang Habis, Hewan Ternak Diberi Obat ManusiaPemeriksaan hewan ternak. (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Sayuti mengungkapkan, stok obat yang habis memengaruhi kenaikan jumlah sapi ternak yang terpapar PMK. Apalagi sejak awal Juni, kasus PMK terus bertambah di Palembang hingga mencapai seribu ekor lebih.

"Kalau tidak segera diberikan obat-obatan, hewan mati bisa semakin meluas. Kami mengupayakan penanganannya bisa optimal agar PMK ini tidak lagi menyebar," jelas dia.

4. PDHI Sumsel berharap kebutuhan obat PMK segera tersedia

Stok Obat PMK di Palembang Habis, Hewan Ternak Diberi Obat Manusiailustrasi pemeriksaan hewan ternak. ANTARA FOTO/Siswowidodo

Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia Sumatra Selatan (PDHI Sumsel), Jafrizal menambahkan, obat yang dibutuhkan untuk mengatasi PMK di antaranya Antihistamin, vitamin, dan obat penurun demam.

"Kami harapkan kebutuhan obat bisa disediakan secepatnya dan bisa efisien supaya penyembuhan PMK merata," tandasnya.

Baca Juga: Pedagang Kurban Palembang Diminta Berjualan di Satu Tempat

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya