Comscore Tracker

Setahun Menunggu, 766 CPNS Palembang Akhirnya Dilantik

Pelantikan CPNS sempat tertunda karena pandemik COVID-19

Palembang, IDN Times - Setelah setahun menunggu kepastian pelantikan, akhirnya ratusan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Palembang resmi diangkat menjadi Aparatur Negeri Sipil (ASN). Mereka mengikuti sumpah di Pelataran Benteng Kuto Besak, Palembang pada Rabu, 1 Juli 2020.

Menurut AYK seorang ASN di lingkungan Pemkot Palembang menyebutkan, ia butuh waktu lama hingga akhirnya dilantik Pemerintah Kota (Pemkot) dan mendapatkan gaji pokok seratus persen beserta tunjangan.

"SK-nya kemungkinan bisa diambil dalam dua hari dan akan diantar ke unit kerja masing-masing. Akhirnya setelah setahun lebih masa CPNS, kami pelantikan. Gaji CPNS kemarin 80% dari gaji pokok mengacu pada PP nomor 30 tahun 2015. Setelah dilantik baru mendapatkan gaji penuh dan tunjangan," ujarnya, Rabu (1/7).

1. Harnojoyo minta ASN fokus melayani masyarakat

Setahun Menunggu, 766 CPNS Palembang Akhirnya DilantikWali Kota Palembang, Harnojoyo (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Wali Kota (Wako) Palembang, Harnojoyo mengatakan, pihaknya meresmikan 766 CPNS di lingkungan Pemkot Palembang formasi tahun 2018. Proses pengambilan sumpah dan janji ASN sekaligus pembekalan pemahaman aturan pemerintah nomor 11 tahun 2017 tetang manajemen ASN pasal 39 ayat 1.

"Yang telah diambil sumpah janjinya sebagai abdi negara untuk melayani masyarakat. Mereka sangat dituntut bekerja dengan penuh integritas, profesionalitas, dan loyalitas di era revolusi industri," kata dia.

Baca Juga: Nelangsa CPNS Palembang, Setahun Belum Dilantik dan Gaji di Bawah UMK 

2. Minta ASN lakukan sesuatu untuk nusa dan bangsa

Setahun Menunggu, 766 CPNS Palembang Akhirnya DilantikIlustrasi Peserta CPNS di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Orang nomor satu di Kota Palembang ini berharap, ASN bisa memberikan yang terbaik dalam hal pelayanan kepada masyarakat sebagai abdi negara. "Mereka sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat haruslah melakukan sesuatu yang terbaik bagi nusa dan bangsa," harapnya.

Mereka yang telah resmi diambil sumpah, sambung Harnojoyo, merupakan putra dan putri terbaik dan berhasil menjadi abdi negara. "Yang terpilih dan lulus seleksi ini merupakan orang-orang terbaik, jangan disia-siakan, bekerjalah dengan sebaik-baiknya," sambung dia.

Baca Juga: Oknum ASN Ditangkap Polisi, Ketahuan Palsukan Hasil Rapid Test

3. Ingatkan ASN menerapkan protokol kesehatan

Setahun Menunggu, 766 CPNS Palembang Akhirnya DilantikPelantikan ASN Pemkot Palembang (IDN Times/Humas Pemkot Palembang)

Harnojoyo melanjutkan, para ASN dapat menjalankan aktivitasnya dan mengajak masyarakat untuk selalu menaati protokol kesehatan di tengah Pandemik COVID-19.

"Saya meminta dukungan penuh bagi semua pihak untuk tetap menerapkan protokol kesehatan pada setiap kegiatan, terutama kegiatan di luar rumah," tandas dia.

Baca Juga: Ingin Nyogok Masuk CPNS, Warga Palembang Ini Malah Kena Tipu

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya