Comscore Tracker

Puskesmas Gandus Palembang Jadi Lokasi Vaksinasi COVID-19 Tahap I 

Gubernur, Wako Palembang, Kapolda dan Pangdam terima vaksin

Palembang, IDN Times - Juru Bicara Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang, Yudhi Setiawan mengatakan,vaksinasi COVID-19 tahap pertama di Palembang pada 14 Januari 2021 besok, akan dilaksanakan di Puskesmas Gandus.

Vaksinasi sinovac itu diberikan kepada 10 nama yang telah tercatat. Mereka adalah Gubernur Sumsel, Kapolda Sumsel, Pangdam II Sriwijaya, Wali Kota Palembang, Dandim 0418, Ketua PPNI, Kepala BBPOM Sumsel, Kepala BPJS dan Ketua IDI Sumsel.

"Awalnya dilakukan di Rumah Sakit Siti Fatimah, tapi ada rencana kunjungan Presiden Indonesia Joko Widodo untuk meninjau," katanya, Selasa (12/1/2021).

1. Sempat beberapa kali tentukan lokasi vaksinasi COVID-19

Puskesmas Gandus Palembang Jadi Lokasi Vaksinasi COVID-19 Tahap I Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 di Palembang, Yudhi Setiawan (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Ia menerangkan, pemindahan lokasi vaksinasi COVID-19 sudah melalui berbagai pertimbangan dan evaluasi bersama stakeholder terkait, terutama pimpinan daerah dan antar instansi, seperti rumah sakit atau puskesmas yang telah ditentukan.

"Banyak dasar pertimbangan, awal pertama kali juga sempat rencana di RS BARI, terus di Puskesmas Merdeka, terakhir perkembangannya di Puskesmas Gandus," terang dia.

Baca Juga: PN Palembang Lockdown Sepekan Usai 7 Pegawai Positif COVID-19

2. Puskesmas Gandus persiapkan tahapan vaksinasi COVID-19

Puskesmas Gandus Palembang Jadi Lokasi Vaksinasi COVID-19 Tahap I Ilustrasi persiapan vaksinasi COVID-19 di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Yudhi melanjutkan, pihaknya sedang melakukan persiapan vaksinasi COVID-19 pada 14 Januari mendatang mulai dari pengaturan meja, petugas, ruang observasi, dan tempat menunggu.

"Lagi persiapan, karena besok sudah dilakukan vaksinasi," ujarnya.

Baca Juga: Kalian Harus Tahu, Pasien COVID-19 Tidak Diprioritaskan Terima Vaksin

3. Sebut penerima vaksin tidak boleh meninggalkan lokasi sebelum 30 menit

Puskesmas Gandus Palembang Jadi Lokasi Vaksinasi COVID-19 Tahap I Petugas kesehatan menyuntikan vaksin COVID-19 saat simulasi pelayanan vaksinasi di Puskesmas Kemaraya, Kendari, Sulawesi Tenggara, Jumat (18/12/2020). Simulasi tersebut dilaksanakan agar petugas kesehatan mengetahui proses penyuntikan vaksinasi COVID-19 yang direncanakan pada Maret 2021. (ANTARA FOTO/Jojon)

Menurut Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular dari Dinkes Palembang ini, pasien tidak boleh meninggalkan lokasi penyuntikan sebelum 30 menit.

"Kita lihat efeknya dulu, untuk tahap pertama vaksin sinovac hanya disuntik satu dosis. Baru selanjutnya harus menunggu selama 14 hari lagi. Tidak bisa disuntik dua dosis sekaligus, satu-satu dulu," jelas dia.

4. Tegaskan Gubernur Sumsel siap divaksin

Puskesmas Gandus Palembang Jadi Lokasi Vaksinasi COVID-19 Tahap I Ilustrasi situasi di Rumah Sakit (IDN Times/Galih Persiana

Kepala Dinkes Sumsel, Lesty Nurainy menegaskan, Gubernur Sumsel Herman Deru bersiap menerima vaksinasi COVID-19. Dirinya meminta masyarakat turut mendukung pelaksanaan dengan doa agar berjalan lancar.

"Iya Gubernur Sumsel menyatakan siap. Insya Allah vaksinasi nanti diberikan kemudahan. Saya juga bersedia (vaksinasi)," tandas dia.

Baca Juga: Ahli Mikrobiologi Unsri: Penerima Sinovac Masih Bisa Terpapar COVID-19

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya