Comscore Tracker

Perkuat Ekonomi Digital, Telkomsel Suntik Dana USD 150 Juta ke Gojek

Kolaborasi Telkomsel dan Gojek

Palembang, IDN Times - Telkomsel dan Gojek berkolaborasi memperkuat pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Dua perusahaan teknologi dan komunikasi tersebut melakukan akselerasi transformasi digitalisasi, dengan bersinergi mendorong inovasi produk baru demi meningkatkan kenyamanan bagi para pengguna serta pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Telkomsel sebagai operator telekomunikasi digital memberi suntikan dana sebesar USD 150 juta lewat platform on-demand dan pembayaran di aplikasi Gojek. Investasi ini diharapkan dapat mendukung kedua perusahaan mengembangkan teknologi ekonomi terdepan di Asia Tenggara.

"Kolaborasi berawal dari visi yang sama untuk mempertegas posisi pemain lokal sebagai tuan rumah di negeri sendiri, agar memberikan dampak positif bagi jutaan rakyat Indonesia di setiap aspek kehidupan sehari-hari," kata Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro melalui siaran pers yang diterima IDN Times, Kamis (19/11/2020).

1. Kolaborasi jadi fondasi memanfaatkan teknologi digital

Perkuat Ekonomi Digital, Telkomsel Suntik Dana USD 150 Juta ke GojekTelkomsel dan Gojek Kolaborasi (IDN Times/Dokumen)

Jalinan kolaborasi yang dilakukan kedua pihak, diharapkan mampu mengakselerasi transformasi digital dan memperkuat konsistensi perusahaan dalam membangun ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan. Meski di kondisi penuh tantangan saat pandemik COVID-19.

"Semangat kolaborasi akan terus menjadi fondasi kami menghadirkan manfaat teknologi digital ke seluruh sektor kehidupan maupun lapisan masyarakat," tambahnya.

Baca Juga: Sah, Telkomsel Guyur Dana Rp2,1 Triliun untuk Gojek!

2. Kolaborasi bertujuan tingkatkan nilai kompetitif bisnis digital

Perkuat Ekonomi Digital, Telkomsel Suntik Dana USD 150 Juta ke GojekTelkomsel dan Gojek Kolaborasi (IDN Times/Dokumen)

Direktur Utama Telkom Indonesia, Ririek Adriansyah menambahkan, Telkom sebagai induk perusahaan Telkomsel menyambut baik dan mendukung kolaborasi lintas sektor antara Gojek dan Telkomsel. Pihaknya yakin kolaborasi bakal member kontribusi besar jika dilakukan dengan baik.

"Terutama untuk meningkatkan keunggulan kompetitif, mengembangkan bisnis layanan digital, seiring roadmap transformasi yang sedang dijalankan TelkomGroup untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital terdepan," tambahnya.

3. Perkembangan perangkat seluler dorong ekonomi digital

Perkuat Ekonomi Digital, Telkomsel Suntik Dana USD 150 Juta ke GojekTelkomsel dan Gojek Kolaborasi (IDN Times/Dokumen)

Co CEO Gojek Group, Andre Soelistyo melanjutkan, kolaborasi yang terjalin di antara keduanya turut membantu perluasan digital menjadi lebih strategis. Apalagi Telkomsel merupakan pemain terbesar di industri telekomunikasi.

Kerja sama ini bakal menjangkau ratusan juta masyarakat Indonesia termasuk konsumen, mitra driver dan mitra UMKM, supaya ikut andil dalam menikmati manfaatnya.

"Ekonomi digital didorong oleh perkembangan perangkat seluler (mobile-first market), sehingga bila pemain terdepan di industri teknologi dan telekomunikasi berkolaborasi memanfaatkan sumber daya yang ada, ekonomi digital Indonesia bisa lebih terakselerasi ke tahapan yang lebih tinggi (leap frog)," tandas dia.

Baca Juga: Terima Rp2,1 Triliun dari Telkomsel, Gojek Bakal Tebar Banyak Promo

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya