Pendaftaran CASN 2024 Diperpanjang Akibat Sistem E-meterai Error

Pendaftaran CASN 2024 hingga 10 September

Intinya Sih...

  • Pendaftaran CASN 2024 diperpanjang hingga 10 September karena gangguan sistem pembelian E-Meterai.
  • Seleksi administrasi diperpanjang hingga 17 September, pengumuman hasil seleksi administrasi diperpanjang menjadi 19 September.
  • Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) tetap berjalan sesuai jadwal semula, yaitu pada 18-28 September 2024.

Palembang, IDN Times – Pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024 resmi diperpanjang hingga 10 September 2024, dari batas awal yang seharusnya berakhir pada 6 September. Perpanjangan ini dilakukan karena adanya gangguan pada sistem pembelian E-Meterai atau materai elektronik, yang membuat banyak pelamar kesulitan dalam memenuhi persyaratan administrasi.

"Jadwal pendaftaran sebelumnya berlangsung dari 20 Agustus hingga 6 September, namun diperpanjang sampai 10 September 2024," ujar Kepala Bidang Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kantor Regional VII Palembang, Yuli Novianti, Kamis (5/9/2024).

1. Jadwal tes SKD CASN tak mengalami perubahan

Pendaftaran CASN 2024 Diperpanjang Akibat Sistem E-meterai ErrorTes CPNS Kecamatan Sijira (id.pinterest.com/Jessica Jane)

Dengan adanya perpanjangan waktu pendaftaran, tahapan seleksi penerimaan CASN lainnya juga mengalami perubahan. Yuli menjelaskan, seleksi administrasi yang awalnya berlangsung dari 20 Agustus hingga 13 September, kini diperpanjang hingga 17 September. Pengumuman hasil seleksi administrasi, yang semula dijadwalkan pada 14-17 September, juga diperpanjang menjadi 19 September.

Namun, tahapan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) tetap berjalan sesuai jadwal semula, yaitu pada 18-28 September 2024.

"Kecuali untuk jadwal tes SKD, semua tahapan seleksi menyesuaikan dengan perpanjangan waktu pendaftaran," tambah Yuli.

2. BKN minta pelamar CASN 2024 tak mendaftar di akhir waktu

Pendaftaran CASN 2024 Diperpanjang Akibat Sistem E-meterai Errorilustrasi layanan laporan e-Meterai (IDN Times/Laili)

Plt Kepala BKN Pusat, Haryo Dwi Putranto, melalui surat edaran yang diterima IDN Times, mengimbau calon pelamar agar tidak menunda-nunda pendaftaran hingga batas akhir. Ia menyebutkan bahwa perpanjangan ini dilakukan untuk memberikan kesempatan lebih luas kepada pelamar yang terdampak kendala teknis pada sistem E-Meterai.

"Karena adanya gangguan teknis pada sistem E-Meterai Peruri, banyak pelamar yang belum bisa membeli dan menggunakan E-Meterai untuk melengkapi dokumen pendaftaran. Oleh karena itu, jadwal seleksi pengadaan CASN 2024 diperpanjang," kata Haryo dalam surat edarannya.

3. Antrean panjang di Kantor Pos untuk E-Meterai

Pendaftaran CASN 2024 Diperpanjang Akibat Sistem E-meterai ErrorInformasi soal pendaftaran CPNS 2024 diperpanjang. (www.instagram.com/@bkngoidoffcial)

Di Palembang, gangguan pada sistem pembelian E-Meterai membuat ratusan pelamar CASN memadati Kantor Pos di Jalan Merdeka. Mereka berharap proses pembelian E-Meterai secara langsung di kantor pos lebih mudah dibandingkan menggunakan layanan online. Namun, keterbatasan kuota di kantor pos menambah panjang antrean yang mulai sejak pagi hari.

"Saya sudah datang dari pukul 08.45 WIB, berharap bisa mendapatkan E-Meterai lebih awal. Tapi tetap saja belum dapat," kata salah satu pelamar, Ella, Rabu (4/9/2024).

4. Kantor Pos Palembang siapkan 350 kuota E-Meterai tiap hari

Pendaftaran CASN 2024 Diperpanjang Akibat Sistem E-meterai ErrorKantor Pos Palembang diserbu pelamar CASN 2024 untuk membeli e-materai (Dok. Istimewa)

Executive General Manager Kantor Pos Cabang Utama Palembang, Andy Johan, menjelaskan bahwa kantor pos hanya bisa melayani 350 orang per hari untuk pembelian E-Meterai. "Permintaan E-Meterai memang membludak. Kami menyiapkan 350 nomor antrean setiap harinya untuk melayani warga yang mendaftar CASN," ujarnya.

Perpanjangan ini diharapkan dapat membantu para pelamar yang sebelumnya kesulitan mendapatkan E-Meterai, agar bisa melengkapi pendaftaran CASN 2024 tepat waktu.

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya