Pemda Sumsel dan Bangka Diminta Tingkatkan Layanan Transportasi Air

Pemerintah diminta perbaiki layanan dan fasilitas pelabuhan

Palembang, IDN Times - Sejumlah masyarakat Indonesia termasuk di Sumatra Selatan (Sumsel) masih memilih transportasi air sebagai angkutan umum utama untuk menyeberang ke daerah perairan. Transportasi air juga menjadi primadona dalam kegiatan perdagangan.

Namun minat pengguna transportasi air yang terbilang tinggi, tidak diimbangi dengan kemudahan serta standarisasi transportasi air. Sumsel misalnya masih membutuhkan perhatian dari pemerintah.

"Kesulitan kami rasakan saat mengurus teknis transportasi air. Terutama di penyeberangan Tanjung Api-Api (TAA) ke Muntok Bangka Barat atau sebaliknya," kata Manajer Kapal PT Dharma Lautan Utama di Pelabuhan TAA Palembang, Antok Adhi Sasongko kepada IDN Times, Jumat (10/6/2022).

1. Sulit mengurus administrasi hingga fasilitas yang minim

Pemda Sumsel dan Bangka Diminta Tingkatkan Layanan Transportasi AirAktivitas di Pelabuhan Tanjung Api-Api (TAA) Sumsel, IDN Times/Dok. Pribadi

Beberapa perusahaan kapal di TAA Palembang mengeluhkan sulitnya mengurus administrasi, kemudian suplai Bahan Bakar Minyak (BBM) karena permasalahan jarak.

"Serta pendangkalan di area pelabuhan TAA hingga fasilitas sandar di pelabuhan yg belum memenuhi standar," ujarnya.

Baca Juga: Status KEK TAA Dicabut Jokowi, Gubernur Sumsel Fokus Pelabuhan Samudra

2. Transportasi air sebagai penghubung dua daerah

Pemda Sumsel dan Bangka Diminta Tingkatkan Layanan Transportasi AirManajer Kapal PT. Dharma Lautan Utama di Pelabuhan TAA Palembang, Antok Adhi Sasongko (IDN Times/Dok. Pribadi)

Menurut Adhi sejak dirinya bekerja di bidang transportasi air pada 2017 hingga sekarang, fasilitas pelabuhan serta standarisasi kapal di Sumsel belum bisa disebut optimal. Sebab masih banyak fasilitas yang harus diperhitungkan agar penumpang bisa merasakan nyaman.

"Masih butuh perhatian khusus dari pemerintah daerah baik di Sumsel maupun Bangka. Karena kapal lintasan penyeberangan memiliki dua fungsi, yaitu sebagai transportasi air dan juga jembatan penghubung dua daerah," jelas dia.

Baca Juga: Warga Banyuasin Blokir Jalan Pelabuhan TAA Tuntut Ganti Rugi Lahan

3. Penggunaan transportasi air akan terus tumbuh

Pemda Sumsel dan Bangka Diminta Tingkatkan Layanan Transportasi AirAktivitas di Pelabuhan Tanjung Api-Api (TAA) Sumsel, IDN Times/Dok. Pribadi

Fasilitas penting yang perlu dibenahi dan didukung oleh pemerintah seperti kenyamanan pengguna jasa, kemudian fasilitas bagi para operator dengan mempermudah teknis administrasi.

"Selama ini teknisnya kurang dari standar, harus ditingkatkan. Sebab pasar akan terus bertumbuh, mengingat destinasi wisata di Pulau Bangka dan Sumsel banyak," ungkapnya.

4. Pemerintah diminta memperbaiki layanan

Pemda Sumsel dan Bangka Diminta Tingkatkan Layanan Transportasi AirAktivitas di Pelabuhan Tanjung Api-Api (TAA) Sumsel, IDN Times/Dok. Pribadi

Langkah penting yang semestinya dilakukan pemerintah daerah Sumsel maupun Bangka adalah gencar melakukan promosi dan perbaikan layanan di pelabuhan, termasuk mempermudah administrasi operator kapal.

"Pemprov dan Pemkot harus giat promosi, karena dukungan dari daerah juga sangat dibutuhkan. Nantinya secara otomatis akan berdampak pada peningkatan perekonomian daerah," tandas dia.

Baca Juga: Lahan Belum Selesai, Proyek Pelabuhan Tanjung Carat Mundur Lagi

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya