Operasi Lilin Nataru 21 Desember, Dishub Turunkan 80 Personel

Pengamanan melibatkan polrestabes dan tim gabungan

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menyiapkan pengamanan ketat melibatkan berbagai pihak, termasuk Dinas Perhubungan (Dishub) untuk membantu ketertiban lalu lintas saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021.

Kepala Dishub Palembang, Agus Rizal mengatakan, pengamanan akan dilakukan di tempat-tempat ramai terutama wilayah fasilitas publik, pasar, mal, tempat ibadah umat kristiani di gereja.

"Dishub melibatkan 80 personel yang akan turun pada Operasi Lilin Nataru mulai 21 Desember 2020 sampai 4 Januari 2021," katanya, Rabu (16/12/2020).

1. Pengamanan wilayah di bawah tanggung jawab Polrestabes Palembang

Operasi Lilin Nataru 21 Desember, Dishub Turunkan 80 PersonelTugu belido di lapangan benteng kuto besak Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Pengamanan dan pengawasan bakal dilakukan bersama tim gabungan TNI-Polri, termasuk Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Palembang. Masing-masing pihak memiliki kewajiban yang telah ditentukan melalui rapat koordinasi.

"Sesuai hasil rapat Ops Lilin, Dishub menjaga posko dan melakukan pengawasan bersama instansi lainnya. Pelaksanaan pengamanan di tempat-tempat ramai di bawah kendali Polrestabes Palembang sebagai penanggung jawab," ujar dia.

Baca Juga: Larang Perayaan Natal-Tahun Baru, Kapolda Sumsel: Lakukan di Rumah 

2. Ramp Check dikooridinasikan bersama BPTD VII Sumsel

Operasi Lilin Nataru 21 Desember, Dishub Turunkan 80 PersonelIlustrasi kota Palembang di Jembatan Ampera Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Agus melanjutkan, upaya menertibkan lalu lintas jalan raya saat momen Natal dan Tahun Baru, Dishub Palembang juga telah menyiapkan agenda Ramp Check angkutan umum.

"Untuk giat Ramp Check akan dikoordinasikan dengan BPTD VII Sumsel Babel," tambahnya.

3. Imbau masyarakat tetap di rumah saja

Operasi Lilin Nataru 21 Desember, Dishub Turunkan 80 PersonelSuasana kota Palembang di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) saat corona mewabah (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Ia mengimbau masyarakat Palembang agar tak melakukan perjalanan ke luar kota jika tidak memiliki kepentingan mendesak.

"Disarankan tetap di rumah bersama Keluarga menikmati liburan bersama. Hindari tempat-tempat kerumunan dan berkumpul dengan teman. Kalau tidak bisa ditunda, tetap menerapkan protokol kesehatan," tandas dia.

Baca Juga: Usai Pilkada Serentak, Kasus COVID-19 di Sumsel Alami Kenaikan 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya