Menhub Minta Angkutan Umum di Palembang Terintegrasi ke LRT

Palembang disebut Menhub bisa menjadi contoh daerah lain

Palembang, IDN Times - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta Pemerintah Daerah (Pemda) di Palembang, yakni Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Herman Deru dan Wali Kota (Wako) Harnojoyo, mengintegrasikan seluruh angkutan umum secara massal.

Hal tersebut menyesuaikan arus lalu lintas di Palembang yang mulai padat sejak beberapa tahun terakhir. Integrasi itu diharapkan bisa mendorong warga mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

"Angkutan massal sangat berguna untuk kota besar, menjadi salah satu cara mengurangi polusi dan kemacetan," kata Budi di Griya Agung, Palembang, Kamis (6/1/2022).

1. Minta Gubernur dan Wako gencar sosialisasi penggunaan angkutan umum di Palembang

Menhub Minta Angkutan Umum di Palembang Terintegrasi ke LRTANTARA FOTO/Feny Selly

Dirinya berharap ada peran aktif dari Herman Deru dan Harnojoyo agar lebih gencar menyosilisasikan penggunaan angkutan umum, baik Light Rail Transit (LRT), bus, dan oplet, serta angkutan air (perahu getek, speedboat) lain, agar dapat teringrasi optimal.

Menurut Budi, Palembang merupakan kota terlengkap dengan fasilitas angkutan massal mulai dari LRT hingga angkutan air. Ia mengharapkan keberhasilan penggunaan angkutan massal ke depan bisa menjadi contoh bagi daerah lain untuk memaksimalkan transportasi publik, mengurangi polusi, dan kemacetan.

"Saya harap ada kondisi yang baik untuk memberikan harga (tiket angkutan massal) yang terjangkau," ujarnya.

Baca Juga: TransMusi Palembang Setop Beroperasi, Puluhan Karyawan Dirumahkan

2. Kemenhub berencana memberi subsidi angkutan umum bagi para pelajar

Menhub Minta Angkutan Umum di Palembang Terintegrasi ke LRTMenhub Minta Pemda Integrasikan Angkutan Umum di Palembang (IDN Times/Dok. Prov Sumsel)

Gubernur Sumsel, Herman Deru menambahkan, pemerintah pusat dan pemda harus mencari solusi mengurai kemacetan. Salah satunya memaksimalkan penggunaan angkutan massal.

“Kita punya transportasi modern yang nyaman dan murah, harus permudah lagi akses menujunya," timpal dia.

Kemenhub kata Deru berencana memberikan subsidi khusus kepada para siswa dan pelajar yang menggunakan transportasi massal sebesar Rp25 ribu. 

“Jadi kita rasakan kepadatan lalu lintas di jam tertentu. Kita rasakan betul, dan menteri akan memberikan solusi lewat subsidi khusus kepada para siswa," tambahnya.

3. Wako Palembang segera mengintegrasikan angkutan umum mulai Februari 2022

Menhub Minta Angkutan Umum di Palembang Terintegrasi ke LRTTransportasi Teman Bus di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Menurut Wako Palembang, Harnojoyo, mereka diminta memaksimalkan penggunaan angkutan massal lewat integrasi antara LRT dengan bus, serta moda transportasi air jalur sungai.

“Sehingga pelayanan angkutan kepada masyarakat lebih baik dan nyaman," kata dia.

Dalam waktu dekat, lanjut Harnojoyo, seluruh angkutan massal atau transportasi umum di Palembang segera terhubung dan terintegrasi di setiap stasiun LRT, dengan sistem perubahan koridor dan rute perjalanan bus.

"Saya minta awal Februari rute-rute yang baru yang menghubungkan ke LRT ini segera terlaksana, ini dilakukan secara maraton," tandasnya.

Baca Juga: TransMusi Palembang Setop Beroperasi dan Diganti Teman Bus

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya