Dispar Palembang Cari Lokasi Wisata Pedestrian Sudirman 

Dispar Palembang menyiapkan tempat di kawasan Sekanak

Palembang, IDN Times - Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Palembang masih mencari lokasi yang tepat memindahkan Pedestrian Sudirman sebagai kawasan wisata. Biasanya, Pedestrian Sudirman yang menjadi favorit warga Palembang dibuka setiap Sabtu malam.

"Kita masih mencari lokasi Pedestrian Sudirman. Sedang melakukan survei untuk lokasi yang baru," ujar Kepala Dispar Palembang, Isnaini Madani, Minggu (19/9/2021).

1. Dispar siapkan dua opsi lokasi baru

Dispar Palembang Cari Lokasi Wisata Pedestrian Sudirman Suasana kota Palembang di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) saat corona mewabah (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Selain mengurangi keramaian di tengah kota sejak pandemik COVID-19, pemindahan lokasi Pedestrian Sudirman di Palembang sudah direncanakan sejak 2020 sebagai program baru Pemerintah Kota (Pemkot).

"Karena Pedestrian Sudirman di lokasi lama juga tidak layak lagi. Jadi, kita cari tempat baru. Rencananya di dua lokasi, Sekanak Bersolek dan kawasan Gedung Boencit," kata dia.

Baca Juga: Pedestrian Sudirman Palembang Bakal Dipindah ke Sekanak

2. Survei lokasi untuk evaluasi segala aspek

Dispar Palembang Cari Lokasi Wisata Pedestrian Sudirman Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Palembang Isnaini Madani (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Pada tahun lalu, Dispar Palembang sudah mendapatkan izin pemindahan lokasi Pedestrian Sudirman dari Wali Kota (Wako) Palembang, Harnojoyo. Bahkan Pemkot telah menyetujui dan menandatangani pemindahan tersebut.

"Pemindahan destinasi itu pada prinsipnya sudah mendapat persetujuan Wali Kota, tapi memang kita butuh survei dengan mengevaluasi segala aspek," jelasnya.

Baca Juga: Palembang Bakal Punya Pasar Terapung, Berpotensi Jadi Wisata Sungai

3. Rencana pemindahan pedestrian sudirman mulai Oktober 2021

Dispar Palembang Cari Lokasi Wisata Pedestrian Sudirman Potret dahulu dan sekarang Jalan Jenderal Sudirman di Palembang (IDN Times/Dok. Budaya Palembang Darussalam)

Sebelumnya pada Juli 2020, Pemkot Palembang merencanakan pemindahan lokasi wisata Pedestrian Sudirman di kawasan Sekanak Lambidaro Bersolek. Namun karena restorasi Sungai Sekanak belum tuntas, maka dilakukan survei lanjutan.

"Harapannya rencana ini bisa menghadirkan atraksi yang biasanya dilakukan setiap sore menjelang malam di Pedestrian Sudirman. Mudah-mudahan Oktober 2021 kita mulai pemindahan wisata pedestrian," tandas dia.

Baca Juga: Palembang Bakal Punya 2 Rumah Sakit dan Lokasi Wisata Baru

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya