Ada Lowongan PPPK 2024 Bagi Relawan Damkar di Sumsel

Kuota 10 persen disiapkan untuk pelamar dari jalur umum

Intinya Sih...

  • Kuota PPPK 2024 untuk relawan Damkar Sumsel, syarat lulusan S1 dan minimal 2 tahun bekerja di Dinas Kebakaran.
  • Pembukaan kuota PPPK sudah diajukan ke BKD dan tinggal menunggu persetujuan Gubernur Sumsel.
  • Lowongan PPPK bagi Relawan Damkar dibuka sejak 2023, namun baru tahun ini dibuka untuk Sumsel.

Palembang, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan (Pemprov Sumsel) membuka peluang penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2024, khususnya kuota relawan pemadam kebakaran (Damkar) dengan syarat lulusan S1.

"Tahun ini relawan damkar ada atensi jadi pegawai (PPPK), sesuai aturan Mendagri dengan minimal 2 tahun bekerja di Dinas kebakaran," ujar Kepala Bidang Pemetaan Kebakaran Satpol PP Sumsel, Zamhari Nawawi, Rabu (22/5/2024).

Baca Juga: Cara Daftar PPPK 2024 di Palembang, Ada 6 Ribu Formasi

1. Relawan damkar yang aktif 2 tahun bisa ikut seleksi PPPK

Ada Lowongan PPPK 2024 Bagi Relawan Damkar di SumselIlustrasi seleksi PPPK (ANTARA FOTO)

Pembukaan kuota PPPK bagi relawan Damkar sudah diajukan ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD), dan tinggal menunggu persetujuan Gubernur Sumsel.

"Relawan Damkar yang sudah dua tahun aktif bisa daftar, minimal memiliki satu sertifikat pelatihan pemadaman agar ada nilai tambah dari Kemendagri," kata dia.

Baca Juga: Kuota CPNS dan PPPK Muba Terbanyak Hingga 8.205 Formasi

2. Sumsel memiliki sekitar 25 relawan damkar

Ada Lowongan PPPK 2024 Bagi Relawan Damkar di SumselKepala Bidang Pemetaan Kebakaran Satpol PP Sumsel, Zamhari Nawawi (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Berdasarkan kebijakan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), sebenarnya lowongan PPPK bagi Relawan Damkar sudah dibuka sejak 2023. Namun untuk Sumsel, penerimaan PPPK baru tahun ini dibuka.

"PPPK yang bisa ikut (tes) selain dari internal khusus (dari dinas) juga dari luar bisa (relawan). Tapi kuota biasanya 80 persen internal dan 10 atau 20 persennya baru dari luar. Relawan Sumsel kita ada sekitar 25 orang," jelas Zamhari.

3. Ada 8 kabupaten dan kota di Sumsel belum memiliki relawan damkar

Ada Lowongan PPPK 2024 Bagi Relawan Damkar di SumselPetugas Damkar Ngawi bersama warga memadamkan api di di Desa Kersoharjo, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi yang sengaja dibakar pemiliknya. IDN Times/ Riyanto

Selain lowongan PPPK untuk Relawan Damkar, Sumsel saat ini gencar menyosialisasikan dan membentuk tim Relawan Damkar di Kabupaten/Kota, atau beberapa daerah yang belum memiliki tim damkar seperti di OKU Selatan dan OKU Timur.

"Sumsel belum ada Relawan Damkar di 8 kabupaten/kota termasuk Palembang. Padahal Relawan Damkar dibentuk berdasarkan amanat undang-undang, seluruh daerah wajib ada," timpalnya.

Baca Juga: Pemprov Sumsel Ajukan Formasi ASN dan PPPK Hingga 6.138 Orang

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya