Comscore Tracker

Kemenkominfo Gaet Warga dan Komunitas Ajarkan Influencer Marketing

Masyarakat dan komunitas diajak bergabung gratis

Banyuasin, IDN Times - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi, menggaet warga dan komunitas untuk belajar dan mendalami influencer marketing.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kemenkominfo, Samuel Abrijani Pangerapan mengatakan, pesatnya perkembangan teknologi yang semakin terpacu akibat pandemi COVID-19 telah mendorong masyarakat untuk berinteraksi dan beraktivitas di ruang digital. 

"Percepatan penggunaan teknologi perlu diimbangi dengan peningkatan kapasitas literasi digital yang mumpuni, agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital dengan tepat guna," kata Samuel melalui rilis yang diterima IDN Times, Jumat (11/11/2022).

Baca Juga: Kemenkominfo dan Siberkreasi Ajak Warga Pelajari Pemasaran di Internet

1. Membangun wawasan dan pengetahuan literasi digital

Kemenkominfo Gaet Warga dan Komunitas Ajarkan Influencer MarketingLiterasi Digital Influencer Marketing. (Foto: Kemenkominfo)

Menurut Samuel, kehadiran teknologi digital sebagai bagian dari kehidupan bermasyarakat mempertegas masa percepatan transformasi digital. Program webinar bertujuan untuk membangun wawasan dan pengetahuan terkait literasi digital, khususnya soal influencer marketing.

“Survei nasional oleh Kemenkominfo bersama Kata Data pada 2021 menunjukkan indeks literasi digital masyarakat Indonesia berada pada level SEDANG, dengan skor 3.49 yang dihitung berdasarkan skor indeks empat pilar literasi digital," ujarnya.

Baca Juga: Tingkatkan Literasi Digital, Kemenkominfo-Siberkreasi Gelar Webinar 

2. Indeks literasi digital masyarakat meningkat

Kemenkominfo Gaet Warga dan Komunitas Ajarkan Influencer MarketingLiterasi Digital Influencer Marketing. (Foto: Kemenkominfo)

Samuel menjelaskan, indeks empat pilar literasi digital yang dimaksud adalah kecakapan digital, etika, budaya, dan keamanan digital. Kenaikan skor indeks literasi digital meningkat jika dibandingkan dengan kondisi serupa pada 2020 lalu, karena skor menunjukkan angka 3,46.

"Kemenkominfo akan terus meningkatkan pencapaian tersebut dengan menyasar kelompok-kelompok strategis di masyarakat,” katanya.

3. Undang masyarakat dan komunitas bergabung

Kemenkominfo Gaet Warga dan Komunitas Ajarkan Influencer MarketingLiterasi Digital Influencer Marketing. (Foto: Kemenkominfo)

Program “Indonesia Makin Cakap Digital 2022” disiarkan menggunakan platform Zoom Meeting. Kemenkominfo dan Siberkreasi mengajak anggota kelompok masyarakat atau komunitas untuk mendaftarkan melalui tautan https://bit.ly/PendaftaraanSumatra25487.

Informasi lebih lanjut mengenai program #MakinCakapDigital dapat diakses masyarakat melalui Media Literasi Digital Kominfo di situs info.literasidigital.id atau event.literasidigital.id.

Begitu juga di kanal Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Page Literasi Digital Kominfo. Atau media sosial Siberkreasi di Instagram, Facebook Page, Twitter, TikTok, dan Youtube Siberkreasi.

Baca Juga: Literasi Digital Naik, Kemenkominfo Gelar Webinar 'Hobi Jadi Bisnis'

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya