2 Orang CJH Embarkasi Padang Batal Berangkat ke Tanah Suci

CJH tersebut meninggal dunia serta tidak mendapat izin cuti

Padang, IDN Times - Dua orang Calon Jemaah Calon Haji (CJH) yang tergabung dalam kelompok terbang atau kloter dua embarkasi Padang, Sumatra Barat (Sumbar), gagal berangkat menunaikan Rukun Islam kelima.

Kedua CJH itu bernama Zelvi Abdul Malik Zen asal Kabupaten Tanah Datar dengan nomor manifest 126. Ia batal berangkat karena meninggal dunia sesaat sebelum bertolak ke Padang. Lalu atas nama Arif Winanda Syafri, CJH asal kota Pariaman dengan nomor manifes 338. Arif batal berangkat karena tidak mendapatkan cuti saat baru lulus CPNS.

1. Bertolak kemarin

2 Orang CJH Embarkasi Padang Batal Berangkat ke Tanah SuciIlustrasi jemaah haji Indonesia (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah dari Kantor Wilayah Kementerian Agama (PHU Kanwil Kemenag) Sumbar, Joben, Senin (6/6/2022). Kloter dua yang berjumlah 391 orang bertolak ke Tanah Suci melalui Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Minggu (9/6/2022) sekitar pukul 14.29 WIB

CJH kloter yang berangkat menuju Bandara Pangeran Muhammad bin Abdullah Madinah, berasal dari Kota Bukittinggi, Pariaman, Padang, Padang Pariaman, dan Tanah Datar.

Baca Juga: 1.447 Orang Warga Palembang Berangkat Haji Tahun 2022

2. Keberangkatan berjalan lancar

2 Orang CJH Embarkasi Padang Batal Berangkat ke Tanah SuciANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Meski ada dua orang CJH yang batal berangkat, namun Kemenag Sumbar mengklaim proses penyelenggaraan haji untuk kloter dua ini berjalan lancar. Kasubdit Pengelolaan Keuangan Dana Operasional Ditjen PHU, Suratman menyebutkan, jemaah sudah terlayani dengan baik.
 
"Alhamdulillah proses pemberangkatan jemaah haji Sumbar berjalan lancar. Jemaah terlayani dengan baik sehingga tidak ada yang komplain," ungkapnya.

3. Terbagi delapan kelompok terbang

2 Orang CJH Embarkasi Padang Batal Berangkat ke Tanah SuciANTARA FOTO/Didik Suhartono

Kanwil Kemenag Sumbar tahun ini memberangkatkan 2.093 orang CJH yang terbagi dalam delapan kloter. Lima kloter di antaranya berasal dari Sumbar.

Sedangkan dua kloter lainnya, yakni kloter berisi jemaah asal Provinsi Bengkulu dan kloter tujuh diisi oleh jemaah dari beberapa wilayah. Kloter ini disebut dengan Kloter Nusantara. 
 

Baca Juga: Kabupaten Muba Berangkatkan 91 Orang Calon Jemaah Haji Tahun Ini

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya