Comscore Tracker

Brigadir J Rencananya Diwisuda 23 Agustus Sebagai Sarjana Hukum

Brigadir J mendapat nilai IPK 3,28 usai kuliah tujuh tahun

Jambi, IDN Times - Samuel Hutabarat masih tidak menyangka tentang nasib anaknya Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J yang tewas awal Juli 2022 lalu. Samuel menyebut jika sang anak memiliki cita-cita besar untuk menjadi perwira. Impiannya itu sering diceritakan Brigadir J kepada adik dan orangtuanya di Sungai Bahar, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi.

"Dia cerita mau jadi perwira, makanya Yosua melanjutkan kuliah Strata Satu (S1). Yosua kan masuk dari Bintara jadi harus mengejar S1. Itu yang sering diceritakannya kalau mau jadi perwira harus sarjana dulu," kenang Samuel kepada IDN Times, Selasa (2/8/2022).

Dikutip dari Pangkalan Data Dikti, Brigadir J tercatat sebagai mahasiswa Universitas Terbuka (UT) sejak 2015 dan lulus pada April 2022. Rencananya, Yosua akan ikut Wisuda Nasional di Jakarta pada 23 Agustus nanti bersama 49 orang alumni Jambi yang diundang ke Jakarta. Nofriansyah Yosua Hutabarat lulus mendapat IPK 3,28 dengan predikat sangat memuaskan.

Baca Juga: Dokter Forensik Ini Ungkap Alasan Organ Otak Brigadir J Berpindah

1. Sudah kabari keluarga bakal diwisuda

Brigadir J Rencananya Diwisuda 23 Agustus Sebagai Sarjana HukumAyah Brigadir Polisi Nofriansyah Yosua Hutabarat, Samuel Hutabarat saat dibincangi di rumahnya di Sungai Bahar Jambi (IDN Times/Rangga Erfizal)

Yosua merupakan lulusan Bintara polisi dengan menempuh pendidikan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Jambi pada 2012 silam. Lulus Bintara membuat Yosua memilih bergabung ke korps Brigade Mobil (Brimob).

Malang melintang di Brimob Polda Jambi, Yosua ditarik menjadi anggota Propam dalam korps yang sama. Tiga tahun dirinya bertugas di Propam Brimob sebelum dimutasi ke Mabes Polri untuk menjadi ajudan Irjen Pol Ferdy Sambo pada 2019 silam.

"Rencananya wisuda Agustus ini, sempat mengabarkan bahwa Yosua sudah lulus kuliah dan akan diwisuda di Jakarta," ungkap Samuel.

Baca Juga: 1 Handphone dan Laptop Asus Brigadir J Belum Ditemukan

2. Yosua ambil jurusan hukum sesuai pekerjaan

Brigadir J Rencananya Diwisuda 23 Agustus Sebagai Sarjana HukumApel Persada atau upacara pemakaman Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J usai autopsi ulang di RSUD Sungai Bahar, Muaro Jambi, Provinsi Jambi, Rabu (27/7/2022). (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Bibi korban Rohani Simanjuntak mengatakan, Yosua mendaftar kuliah pada 2015 silam mengambil jurusan Hukum di Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Terbuka (FHISIP UT) Jambi. Meski dimutasi ke Mabes Polri dan sibuk sebagai anggota Polisi, Yosua tetap semangat menempuh pendidikan.

"Dia bilang ke mamaknya kalau sudah lulus kuliah dan tinggal diwisuda. Sekarang lagi tunggu waktu wisudanya saja," jelas dia.

Baca Juga: Keluarga Brigadir J Ungkap Kedekatan Mereka dengan Istri Ferdy Sambo

3. Keluarga sedih cita-cita Yosua tak pernah kesampaian

Brigadir J Rencananya Diwisuda 23 Agustus Sebagai Sarjana HukumAmbulans membawa peti berisi jasad Brigadir J untuk dilakukan autopsi ulang di RSUD Sungai Bahar Jambi, Rabu (27/72022). (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Yosua menempuh pendidikan hampir tujuh tahun. Meski tak pernah secara detail membicarakan tentang kuliahnya kepada orangtua, Yosua tetap mengabarkan jika dirinya sudah mencapai tahap apa saja dalam pendidikan. Kedua orangtuanya mengaku bangga, apalagi dengan cita-cita Yosua menempuh pendidikan untuk menjadi perwira.

Yosua seharusnya diwisuda tahun 2021 lalu, namun karena sibuk dirinya baru merampungkan skripsi pada April 2022 lalu. Rencananya pada Juni 2022 lalu ia diwisuda, namun diundur hingga 23 Agustus 2022 mendatang.

"Itulah yang membuat keluarga sedih. Yosua tak sampai diwisuda. Untuk apa lagi ijazahnya kalau bukan kenang-kenangan," tutup dia.

Baca Juga: Terkuak Saat Autopsi, Otak Brigadir J Berpindah ke Bagian Perut 

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya