Comscore Tracker

Putaran Uang di Padang Saat Rakernas Apeksi Diprediksi Rp 20 Miliar 

Kesempatan Mendongkrak Perekonomian

Padang, IDN Times - Sebanyak 95 Wali Kota (Wako) dari seluruh Indonesia sudah hadir di Kota Padang, Sumatra Barat, Minggu (7/9/2022). Selama tiga hari ke depan, mereka akan mengikuti rangkaian kegiatan Rapat Kerja Nasional ke-XV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas Apeksi).

Pertemuan seluruh Wako se-Indonesia ini dipercaya menjadi momentum kebangkitan ekonomi kerakyatan pasca dihantam pagebluk COVID-19. Menurut Wako Padang, Hendri Septa, Padang sebagai sebagai tuan rumah juga menyelenggarakan Indonesian City Expo ke-18. Ia mengklaim, Rakernas tahun ini bakal lebih semarak jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. 

Baca Juga: Rakernas Apeksi Jadi Ajang Promosi Beragam Potensi Kota Padang  

1. Perputaran uang bisa Rp5 miliar dalam sehari

Putaran Uang di Padang Saat Rakernas Apeksi Diprediksi Rp 20 Miliar ilustrasi uang (IDN Times/Hana Adi Perdana)

“Ada sekitar 5 ribu orang yang datang ke Sumatra Barat untuk Rakernas Apeksi. Sebanyak 5 ribu orang ini tergabung ke dalam rombongan para Wali Kota ya. Ini berkah buat kota Padang. Kesempatan bagi kita mendongkrak perekonomian,” kata Hendri, Minggu (7/9/2022) malam.

Jika melihat begitu banyaknya tamu yang datang ke kota Padang, ia mengkalkulasikan putaran uang bisa mencapai Rp5 miliar dalam sehari. Artinya selama empat hari helatan Rakernas Apeksi dan City Expo ke-18, uang yang berputar di kota Padang mencapai Rp20 miliar.

2. Puluhan ribu produk UMKM lokal dipamerkan

Putaran Uang di Padang Saat Rakernas Apeksi Diprediksi Rp 20 Miliar Pelaku UMKM memamerkan produknya di pameran UMKM Gayeng 2022 di Mal Paragon Semarang, 19--24 April 2022. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Lebih lanjut kata Hendri, ada sekitar 40 ribu lebih produk UMKM lokal yang dipamerkan selama Rakernas Apeksi dan City Expo. Pemimpin kota Padang ini berharap produk-produk yang dipamerkan itu dapat menyebar ke seluruh Indonesia. 

“Ini peluang Kota Padang memperlihatkan potensi lokal yang kita punya. Ada puluhan ribuan produk UMKM Padang yang dapat dibawa oleh setiap Wali Kota ini ke daerahnya. Selain itu juga kita mempromosikan potensi yang ada di Sumatra Barat,” ujar Hendri.

3. Membahas isu penting dan strategis

Putaran Uang di Padang Saat Rakernas Apeksi Diprediksi Rp 20 Miliar Ilustrasi Rapat. (IDN Times/Aldila Muharma)

Ketua Dewan Pengurus Apeksi, Bima Arya Sugianto menyebut, Rakernas merupakan agenda besar tahunan yang dihadiri seluruh anggotanya. Rakernas ini akan membahas isu-isu penting dan strategis.

Sementara ICE 2022 yang diselenggarakan dalam rangkaian Rakernas ini merupakan etalase kota-kota Indonesia, menampilkan pembangunan dan produk unggulannya serta.

Wali Kota Bogor ini mengapresiasi kesiapan Kota Padang menyelengarakan event tersebut. Menurutnya, bakal ada beberapa hal menarik dan berbeda pada Rakernas tahun ini, salah satu pembangunan Tugu Apeksi yang pertama kalinya di Indonesia. 

“Kita siap menggelar Rakernas. Simbol kebanggaan kita ekonomi, sinergi antar kota di Indonesia. Banyak hal baru di sini. Ada Tugu Apeksi yang pertama di Indonesia, pawai budaya melewati pantainya, dan ada juga Young City,” tutup Bima.

Baca Juga: Rakernas Apeksi XV di Padang Momentum Kebangkitan Ekonomi Daerah  

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya