Comscore Tracker

Kota Padang Akhirnya Turun Menjadi PPKM Level 2

Vaksinasi di Padang sudah berada di atas 40 persen

Padang, IDN Times - Mimpi kota Padang keluar dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Mayarakat (PPKM) Level 4 akhirnya terwujud. Pemerintah pusat melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri (Imendagri) nomor 54 tahun 2021 menetapkan aturan Level 2 PPKM di kota Padang.

“Turunnya menjadi PPKM Level 2 patut disyukuri. Upaya ini terwujud berkat kerja keras dari seluruh lini. Meski demikian, kami tetap mengimbau seluruh masyarakat terus disiplin protokol kesehatan,” kata Wali Kota (Wako) Padang, Hendri Septa, Rabu (20/10/2021).

1. Pemerintah terbitkan surat edaran

Kota Padang Akhirnya Turun Menjadi PPKM Level 2Surat Edaran terkait aturan PPKM Level 2 yang dikeluarkan Pemko Padang. Doc. IDN Times

Hendri menyebutkan, Pemko Padang menerbitkan surat edaran tentang PPKM Level 2 Pencegahan Pandemi COVID-19. Dalam surat edaran itu, tercantum beberapa poin atau ketentuan yang harus ditaati dan dipatuhi oleh warga Padang selama PPKM Level 2.
 
Beberapa poin berhubungan dengan pelaksanaan perkantoran. Wilayah yang berada di zona hijau, kuning, dan oranye, diminta menerapkan Work From Home (WFH) 50 persen dan Work From Office (WFO) 50 persen. Sedangkan wilayah di zona merah 75 persen berbanding 25 persen.
 
Lalu, pelaksanaan kegiatan belajar di sekolah dengan maksimal kapasitas 50 persen, kecuali untuk Sekolah Dasar Luar Biasa (SLB) sederajat maksimal 62 persen hingga 100 persen dengan jarak minimal 1,5 meter.

2. Vaksinasi penyebab Padang keluar dari Level 4

Kota Padang Akhirnya Turun Menjadi PPKM Level 2ilustrasi penyuntikan vaksin (ANTARA FOTO/Soeren Stache/Pool via REUTERS)

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Padang, Feri Mulyani menjelaskan, salah satu faktor penyebab turunnya status PPKM ke Level 2 dikarenakan jumlah masyarakat yang mendapat vaksin sudah mencapai 49,4 persen, atau sekitar 356.207 jiwa dari target 726 ribu jiwa.
 
"Sewaktu penetapan PPKM Level 4 yang terakhir, capaian vaksinasi COVID-19 di Kota Padang berada di angka 39 persen sehingga belum dapat keluar dari PPKM Level 4. Sekarang sudah di atas 40 persen," kata Feri.

3. Padang targetkan berada di PPKM Level 1

Kota Padang Akhirnya Turun Menjadi PPKM Level 2Ilustrasi PPKM (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Feri menegaskan, pihaknya sedang berupaya keras agar PPKM di kota Padang turun menjadi Level 1. Pencapaian vaksinasi akan digenjot terus, karena syarat untuk bisa turun level ke Level 1 adalah angka vaksinasi di atas 60 persen.
 
"Selain itu ada 6 indikator yang harus kita penuhi, di antaranya penurunan jumlah kasus konfirmasi positif, rawat inap rumah sakit, penurunan angka kematian, peningkatan jumlah testing, tracing, dan treatment. Secara keselurahan, keenam indikator tersebut telah membaik kecuali tracing, dan ini yang harus kita tingkatkan lagi," tutup Feri.

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya