Comscore Tracker

5 Siklus Umum FYP di TikTok; Dikenal Sebentar Lalu Tenggelam

Tentunya viral harus diikuti dengan karya maksimal agar selalu dikenal

TikTok merupakan salah satu aplikasi sharing video yang berhasil mencetak banyak sosok viral. Asalkan kontennya unik, berbeda, menarik, dan menghibur, para kreator TikTok sudah bisa menjadi bintang media sosial (medsos) dan dikenal netizen se-Nusantara. 

Namun jika diperhatikan dengan saksama, kreator TikTok yang viral biasanya akan mengalami siklus umum seperti berikut ini. Harap jadikan pelajaran, ya.

Baca Juga: 10 Produk dengan Desain dan Tampilan Menarik, Idenya Genius!

1. Konten unik FYP lalu di-share berbagai platform

5 Siklus Umum FYP di TikTok; Dikenal Sebentar Lalu Tenggelamilustrasi orang main hp (pixabay.com/99mimimi)

Jika sudah memenuhi unsur unik dan berbeda serta menarik minat banyak orang, konten tersebut biasanya selalu tampil di halaman utama aplikasi TikTok. Dilihat banyak orang, konten tersebut mulai di-repost kembali dan disebar ke seluruh platform medsos. 

Seperti jaring laba-laba, satu video kemudian menyebar menjadi puluhan, kemudian berubah ratusan, ribuan, bahkan jutaan penonton. Tak hanya di medsos, video tersebut juga biasanya disiarkan berulang-ulang jadi berita hiburan di televisi. 

Baca Juga: 10 Meme Lucu Bikin Ngakak, Sempat Tak Terpikirkan Sebelumnya

2. Gayanya mulai ditiru para kreator konten lain

5 Siklus Umum FYP di TikTok; Dikenal Sebentar Lalu Tenggelampotret Bowo TikTok (instagram.com/prabowomondardo)

Tak cukup sampai disebar di mana-mana, video viral tersebut kemudian ditiru atau diparodikan oleh kreator konten lain dengan sentuhan berbeda. Tak hanya kreator konten, beberapa seleb juga biasanya ikut-ikutan bikin konten dengan mengusung tema sejenis. 

Pada beberapa situasi, kreator konten yang meniru juga ikut kecipratan tenar dan tak jarang lebih terkenal dari sosok awal yang memiliki ide. Tergantung kreativitas, beberapa kreator konten lain pun putar otak membuat ulang video viral tersebut dengan beragam gaya dan ciri khas. 

3. Mulai diundang dan wara-wiri di program TV

5 Siklus Umum FYP di TikTok; Dikenal Sebentar Lalu Tenggelampotret para artis (instagram.com/rumpi_ttv)

Bisa disebut sebagai simbiolis mutualisme, program TV yang butuh rating menghadirkan sosok viral sebagai pengisi acaranya. Kreator TikTok yang ingin dikenal masyarakat luas juga perlu media yang lebih luas untuk aktualisasi diri melalui siaran televisi.

Sosok viral di TikTok yang wara-wiri dari satu program ke program TV lain, biasanya akan jadi seleb dadakan dan idola baru pemirsa di rumah. Mereka juga tentu saja akan diberi kesempatan dipertemukan langsung dengan artis-artis lama.

4. Bisa berlanjut dengan tawaran iklan, sinetron, atau film

5 Siklus Umum FYP di TikTok; Dikenal Sebentar Lalu Tenggelampotret Maira dan Naura (instagram.com/twins_maira_naura)

Jika beruntung dan punya bakat, beberapa sosok viral di TikTok bisa melanjutkan kariernya di dunia hiburan, selain hanya sekadar menjadi bintang tamu di TV. Meski tak sedikit yang langsung tenggelam, ada beberapa kreator yang punya kesempatan berkarya melalui film, iklan, musik, atau sinetron. 

Ada banyak para seleb baru yang memulai kariernya melalui aplikasi TikTok dan masih berkiprah di dunia hiburan hingga sekarang. Perlahan namun pasti, seleb TikTok yang memang punya talenta dalam bidang tertentu di masa depan memiliki potensi sebagai artis sejati. 

5. Sosok viral tersebut pelan akan tenggelam dan dilupakan

5 Siklus Umum FYP di TikTok; Dikenal Sebentar Lalu Tenggelamilustrasi main HP (pixabay.com/JESHOOTS-com)

Karena sengitnya persaingan di dunia hiburan, beberapa kreator TikTok yang viral kebanyakan hanya mengalami masa keemasan dalam waktu singkat. Beberapa dari mereka biasanya hanya tenar sesaat untuk tenggelam dan dilupakan.

Jika tidak benar-benar mengasah kemampuannya, sosok viral tersebut hanya mengecap ketenaran seadanya. Di awal-awal dielu-elukan, namun ketika ada sosok viral yang baru mulai bermunculan, mereka pada akhirnya akan ditinggalkan. 

Karena semakin banyaknya sosok viral dari waktu ke waktu di TikTok, setiap orang bisa menyaksikan sendiri siapa di antara mereka yang bertahan atau tenggelam. Tentunya viral harus diikuti dengan karya maksimal agar selalu dikenal.

Baca Juga: 9 Seleb Perempuan Hobi Main Tenis, Gaya Mainnya Bak Atlet Pro

Iip Afifullah Photo Community Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya