Comscore Tracker

Begini Cara Tukar Uang Rp75 Ribu Edisi Kemerdekaan Secara Kolektif

Penukaran bisa dilakukan di kantor BI Sumsel 

Palembang, IDN Times - Antusias warga untuk menukar uang Rp75 ribu edisi kemerdekaan yang dikeluarkan Bank Indonesia dan pemerintah masih cukup tinggi. Oleh karena itu, Bank Indonesia khususnya di wilayah Sumatra Selatan (BI Sumsel) memberi kebijakan penukaran secara kolektif melalui perwakilan satu orang.

Kepala Perwakilan BI Sumsel, Hari Widodo mengatakan, langkah itu sebagai apresiasi pihaknya terhadap sambutan masyarakat untuk mengoleksi uang khusus kemerdekaan Republik Indonesia yang resmi dikeluarkan pada HUT ke-75 RI pada 17 Agustus 2020 lalu.

"Kami mempermudah penukaran, karena beberapa yang ingin menukar tidak mendapatkan jadwal. Syarat memiliki identitas KTP, WNI dan satu KTP hanya boleh menukar selembar. Penukaran berlangsung selama persediaan uang masih ada," kata dia kepada IDN Times, Minggu (27/9/2020).

1. Uang Rp75 ribu sebagai bukti BI dan pemerintah mengapresiasi perjuangan pahlawan

Begini Cara Tukar Uang Rp75 Ribu Edisi Kemerdekaan Secara KolektifCara penukaran uang kemerdekaan 75 ribu secara kolektif di Bank Indonesia Sumsel (IDN Times/BI Sumsel)

BI berharap dengan uang Rp75 ribu dijadikan pengingat oleh masyarakat agar selalu menghargai jerih payah, serta usaha pejuang kemerdekaan dalam merebut kebebasan bangsa. Melalui edaran uang Rp75 ribu, BI dan pemerintah bersyukur atas capaian para pahlawan.

"Maknanya kita mensyukuri kemerdekaan dan teguh memegang Bhineka Tunggal Ika untuk menyongsong Indonesia gemilang Indonesia maju," ujarnya.

Baca Juga: Ternyata Ini Anak Laki-laki Papua yang Ada di Uang Baru Rp75 Ribu!

2. Layanan kolektif tetap mendaftar melalui aplikasi pintar

Begini Cara Tukar Uang Rp75 Ribu Edisi Kemerdekaan Secara KolektifCara penukaran uang kemerdekaan 75 ribu secara kolektif di Bank Indonesia Sumsel (IDN Times/BI Sumsel)

Tampilan desain uang Rp75 ribu berwarna dominan merah juga melambangkan sebagai keberanian tokoh pahlawan mempertahankan harkat dan martabat negara. Dalam gambaran uang itu, pihaknya juga memberikan sentuhan kain songket sebagai simbol kebudayaan Indonesia.

"Layanan kolektif kami buka dengan tetap mengundang masyarakat dan mendata melalui aplikasi BI pintar. Namun sistem penukaran secara teknis lebih sederhana," jelas Hari.

3. Tata cara penukaran uang Rp75 ribu secara kolektif

Begini Cara Tukar Uang Rp75 Ribu Edisi Kemerdekaan Secara KolektifCara penukaran uang kemerdekaan 75 ribu secara kolektif di Bank Indonesia Sumsel (IDN Times/BI Sumsel)

Berikut tata cara penukaran uang kemerdekaan Rp75 ribu di BI Sumsel:

1. Kumpulkan secara kolektif data penukar dengan syarat KTP WNI dan setiap identitas hanya mendapatkan selembar uang Rp75 ribu
2. Setelah itu tentukan satu orang yang bersedia melakukan penukaran uang
3. Perwakilan yang bersedia, silakan masuk ke aplikasi pintar, lewat website https://pintar.bi.go.id dan pilih menu informasi penukaran kolektif pada ujung kiri atas
4. Lalu unduh surat permohonan dan daftar pemesanan kolektif dari data KTP warga yang memesan uang pecahan
5. Perwakilan yang ditunjuk lanjut mengisi surat permohonan dan input data melalui daftat pemesanan kolektif dalam format excel dan mengirimkan informasi ke email UPK75_PALEMBANG@bi.go.id
6. Setelah itu perwakilan akan menerima notifikasi lewat email bahwa permohonan pendaftaran diterima dan diproses bank Indonesia
7. Penukaran langsung ke Bank Indonesia wilayah masing-masing dengan tetap menerapkan protokol kesehatan

Baca Juga: Uang Rp75 Ribu Dijual Jutaan Rupiah di E-Commerce, Begini Respons BI

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya