Warga Air Sugihan Tewas Diinjak Gajah Liar Saat Tidur 

Korban tak sempat kabur saat rombongan gajah liar datang

Ogan Komering Ilir, IDN Times - Abdul Kari (22) warga Desa Banyu Biru, Kecamatan Air Sugihan, kKabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), dilaporkan meninggal dunia karena diserang gajah liar Sumatra di lahan Desa Jelutung, Kecamatan Air Sugihan, Selasa (19/7/2022) pada pukul 02.00 WIB.

Korban tewas karena tak bisa menyelamatkan diri dan terinjak-injak mamalia besar tersebut saat beristirahat di lahan Hutan Tanaman Industri (HTI), area akasia milik PT Bumi Andalas Permai (BAP) tepatnya di Distrik Sungai Jelutung.

Baca Juga: SM Padang Sugihan Bergembira, Gajah Sumatra Betina Bertambah 1 Ekor

1. Korban tak sempat selamatkan diri dan tewas di tempat

Warga Air Sugihan Tewas Diinjak Gajah Liar Saat Tidur Ilustrasi Gajah Sumatra. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Dandim 0402/OKI, Letkol Hendra Saputra menyebutkan, kejadian itu bermula saat korban dan rekannya sedang beristirahat di lahan tersebut.

"Saya mendapatkan informasi dari anggota jika korban bekerja atau karyawan perusahaan tersebut," ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (20/7/2022).

Korban bersama beberapa rekan kerjanya sedang tertidur di dalam tenda. Tiba-tiba segerombolan gajah datang dan korban tidak sempat berlari. Tubuhnya diinjak-injak oleh gajah hingga korban meninggal dunia di tempat.

"Rekan korban lainnya berhasil menyelamatkan diri dan segera melaporkan kejadian naas tersebut," ungkap Dandim.

Baca Juga: Kawanan Gajah Liar Masuk Kampung, Warga Air Sugihan Ketar Ketir

2. Gajah liar diduga kelaparan dan kehabisan makanan di hutan

Warga Air Sugihan Tewas Diinjak Gajah Liar Saat Tidur pixabay.com

Korban yang telah meninggal langsung dievakuasi ke Puskesmas Air Sugihan menggunakan mobil ambulans milik PT BAP. Kemarin pagi, pihak keluarga sudah menjemput jenazah dan langsung dimakamkan sekitar pukul 12.30 WIB di TPU Desa Banyu Biru.

"Datangnya segerombolan gajah ini diduga karena kelaparan dan kehabisan makanan di dalam hutan, sehingga mereka memilih keluar kawasan untuk mencari makan," ungkapnya.

3. Camat desak perusahaan bertanggung jawab

Warga Air Sugihan Tewas Diinjak Gajah Liar Saat Tidur fimela.com

Camat Air Sugihan, Ardilles, meminta PT BAP tepatnya di Distrik Sungai Jelutung bertanggung jawab penuh atas kejadian yang terjadi. Ardilles menyebut peristiwa itu terjadi karena sebuah kelalaian. 

"Kejadian ini sudah kesekian kalinya yang membuat nyawa hilang sia-sia. Pihak pimpinan perusahaan harus bertanggung jawab dan tentunya harus mengambil langkah agar tidak ada lagi korban berikutnya," ujarnya.

Ardilles juga menanggapi kurangnya tanggapan atau reaksi Social Security Department (Kadep) dalam menyikapi laporan awal warga. Apalagi dua hari sebelum tewasnya korban, gajah tersebut sudah beberapa kali menampakkan diri. 

"Tidak adanya respon dari pihak Kadep untuk berkoordinasi dengan perangkat Desa, BKSD, atau aparat setempat untuk mengambil langkah-langkah menggiring gajah tersebut agar kembali ke habitatnya," tuturnya.

Baca Juga: Gajah Masuk Pemukiman Warga Lalan Muba, Rusak Padi dan Kelapa

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya