Comscore Tracker

Muba Tetap Menggelar Belajar Tatap Muka 100 Persen

76 persen tenaga pendidik di Muba mengikuti vaksinasi  

Musi Banyuasin, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Pemkab Muba), Sumatra Selatan (Sumsel), menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen mulai dari jenjang pendidikan PAUD hingga SMP sederajat.

Pemkab Muba mengizinkan tatap muka 100 persen karena vaksinasi dosis 1 dan 2 di kalangan tenaga pendidik (Tendik) sudah di angka rata-rata nasional, atau sekitar 76 persen.

1. Muba tergolong wilayah potensi penularan rendah

Muba Tetap Menggelar Belajar Tatap Muka 100 PersenIlustrasi pembelajaran tatap muka di sekolah. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

"Sesuai arahan Pj Bupati Muba, Apriyadi, agar vaksinasi terus digenjot utamanya di kalangan tendik, Alhamdulillah realisasi vaksinasi sudah di atas 75 persen atau di atas rata-rata nasional," ujar Kepala Dinkes Muba, dr Azmi Dariusmansyah, Rabu (13/7/2022). 

Berdasarkan dashboard KCPEN, Kabupaten Muba memiliki potensi penularan yang sangat rendah. "Meski demikian vaksinasi booster kita gencarkan ke seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Muba," ungkapnya.

Baca Juga: Semua Sekolah di Palembang Tatap Muka 100 Persen Mulai 14 Juli 2022

2. Prokes tetap jalan saat PTM

Muba Tetap Menggelar Belajar Tatap Muka 100 PersenIlustrasi pelaksanaan uji coba PTM terbatas. IDN Times/Debbie Sutrisno

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Muba, Iskandar Syahrianto mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan segala hal untuk menghadapi PTM 100 persen.

"Terlebih guru-guru PPPK sudah divaksinasi semua sesuai arahan Bupati Apriyadi," ungkapnya. 

Meski vaksinasi sudah maksimal dan akan menghadapi PTM 100 persen, protokol kesehatan (prokes) tetap akan dijalankan. "Prokes tetap menjadi prioritas. Baik guru dan siswa semuanya harus tetap pakai masker dan jaga jarak," tuturnya.

3. Pj Bupati minta persiapan PTM semaksimal mungkin

Muba Tetap Menggelar Belajar Tatap Muka 100 Persen(Pj Bupati Muba saat menggelar rapat bersama OPD terkait pelaksanaan PTM di Muba) IDN Times/Istimewa

Pj Bupati Muba, Apriyadi menyebutkan, Disdikbud harus mempersiapkan dengan maksimal agar proses pembelajaran berjalan lancar dan tidak berpotensi meningkatkan risiko penularan COVID-19. 

"Persiapkan dengan sebaik mungkin agar proses PTM 100 persen di Muba berjalan baik. Misal ada kasus COVID-19, maka harus cepat berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 dari tingkat sekolah hingga kabupaten," imbaunya.

Baca Juga: Booster di Palembang Baru 25 Persen, Warga Diminta Tetap Prokes

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya