Kurang dari Sebulan, Seluruh Muba Terakses Jaringan Internet

Pemkab kerja sama BUMN perluas jaringan fiber optik

Musi Banyuasin, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Pemkab Muba) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), menarget perluasan jaringan internet akan selesai tiga pekan ke depan.

Pj Bupati Muba, Apriyadi, menjamin dalam waktu dekat daerah yang dipimpinnya bisa tersambung dalam jaringan internet hingga ke tingkat desa. Pemkab memang ingin menjadikan Muba sebagai smart regency

"Muba bakal memasuki era baru kabupaten yang fokus pada pembangunan, pengembangan, dan penguatan infrastruktur Internet. Kita tidak sendiri tapi didukung BUMN terkemuka yang membidangi komunikasi," ujarnya.

Baca Juga: Muba Segera Pasang ETLE, Polda Sumsel Jamin Bisa Pantau DPO

1. Jalin MoU dengan salah satu BUMN di Sumsel

Kurang dari Sebulan, Seluruh Muba Terakses Jaringan Internet(Pj Bupati Muba Apriyadi dan Kadis Kominfo Muba, Herryandi Sinulingga) IDN Times/Istimewa

Pemkab Muba dan pimpinan tertinggi BUMN yang ada di wilayah Sumsel secara intens menyusun poin untuk memasuki tahapan kerja sama.

"Publik pasti tahu saat kami meneken kerjasama (MoU). Begitu diteken, kesepakatan bersama ini bisa dipastikan Muba agar makin terarah, terpadu, dan berkelanjutan dalam pembangunan Smart Regency Muba," tegasnya.

Baca Juga: Gaji Pemain SFC Dipotong Jika Tak Setor Video Latihan Mandiri

2. Pemkab upayakan smart regency Muba terwujud segera

Kurang dari Sebulan, Seluruh Muba Terakses Jaringan Internet(Pj Bupati Muba Apriyadi dan Kadis Kominfo Muba, Herryandi Sinulingga) IDN Times/Istimewa

Ditambahkan Apriyadi, kerja sama akan mengembangkan dan memanfaatkan potensi daerah, serta meningkatkan kapasitas masyarakat melalui penerapan dan pemasyarakatan teknologi digital. 

"Biar saat Smart Regency Muba terwujud, semua pihak tahu bahwa ini sebuah usaha bersama semua elemen di Muba. Sehingga ketika dilakukan penggunaan teknologi informasi Government to Government maupun Citizen to Government, warga pun diuntungkan," ungkapnya.

3. Perkuat infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi

Kurang dari Sebulan, Seluruh Muba Terakses Jaringan InternetFreepik

Kepala Diskominfo Muba, Herryandi Sinulingga mengatakan internet dan solusi teknologi informasi sangat relevan serta mendukung terwujudnya smart regency. Langkah komunikasi dan sosialisasi ini juga memperkuat implementasi program pembangunan infrastruktur internet. 

"Objek kerja sama adalah pembangunan smart regency dengan ruang lingkup kesepakatan berupa pembangunan Infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi, pengembangan jaringan akses koneksi internet di 15 kecamatan dengan membangun jaringan fiber optik langsung melalui satelit dan pembangunan pusat digital kreatif," tutupnya.

Baca Juga: Disdukcapil Palembang Tak Lagi Cetak Ulang e-KTP

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya