Comscore Tracker

Vaksinasi Anak di Pali dan Lubuk Linggau Terendah se-Sumsel

PALI baru 0,06 persen dan Kota Lubuk Linggau 0,08 persen

Palembang, IDN Times - Vaksinasi anak usia 6-11 tahun di sejumlah wilayah Sumatra Selatan (Sumsel) masih terbilang rendah. Hingga Januari 2022, masih ada dua wilayah mencatatkan jumlah di bawah target.

Misalnya Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali) yang baru mencapai 0,06 persen, diikuti Kota Lubuk Linggau baru mencapai 0,08 persen.

"Target sasaran vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Sumsel sebanyak 899.662 anak, dan sudah terima vaksin sebanyak 43.164 orang anak. Artinya vaksinasi anak sudah mencapai 4,8 persen," ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dari Dinas Kesehatan Sumatra Selatan (Dinkes Sumsel), Ferry Yanuar, Kamis (13/1/2022).

1. Vaksin anak menggunakan Sinovac

Vaksinasi Anak di Pali dan Lubuk Linggau Terendah se-SumselIlustrasi vaksin COVID-19 buatan Sinovac. Dok. Sinovac

Fery menjelaskan, baru ada dua wilayah yang tinggi menjalankan vaksinasi anak. Pertama adalah Empat Lawang dengan 45,45 persen, disusul Prabumulih yang sudah mencapai 37,77 persen.

"Vaksinasi anak baru dilakukan untuk dosis satu. Rata-rata semuanya menggunakan merek Sinovac," beber dia.

Baca Juga: Warga di 11 Daerah Sumsel Diizinkan Terima Vaksinasi Booster

2. Herd Immunity diharapkan segera tercapai

Vaksinasi Anak di Pali dan Lubuk Linggau Terendah se-SumselTenaga kesehatan menunjukkan vaksin COVID-19 Moderna. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Menurut Fery, vaksinasi ini menggandeng pihak sekolah bekerja sama instansi kesehatan. Peran bersama instansi diharap bisa memunculkan percepatan vaksinasi.

"Peranan instansi terkait untuk mempercepat vaksinasi anak ini sangat penting. Karenanya kita berharap semua pihak terlibat agar herd immunity di Sumsel bisa tercapai," beber dia.

3. Jumlah vaksinasi di Sumsel

Vaksinasi Anak di Pali dan Lubuk Linggau Terendah se-SumselIlustrasi vaksin COVID-19 untuk disuntikkan ke penerima vaksin. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Fery mengatakan, vaksinasi COVID-19 secara keseluruhan untuk tenaga kesehatan, pelayan publik, lansia, masyarakat rentan dan umum, remaja, anak-anak, gotong royong di Sumsel, sudah mencapai 78,4 persen untuk dosis pertama.

Sementara vaksinasi bagi dosis dua sudah mencapai 45,3 persen, dan dosis ketiga atau booster bagi nakes sudah mencapai 78,43 persen.

Baca Juga: Lansia di Palembang Ini Terima Booster Agar Mudah Urusan Administrasi

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya