Comscore Tracker

[UPDATE] Tambah 1 Positif di Sumsel, 138 Sampel Lagi Masih Diperiksa

Gugus Tugas Nasional & daerah berbeda data pasien, lagi

Palembang, IDN Times - Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 Sumsel mengumumkan penambahan satu orang pasien positif terjangkit virus corona, Senin (27/4). Pasien ke-130 merupakan laki-laki berusia 35 tahun asal Palembang. 

Hingga kini jumlah positif di Bumi Sriwijaya sudah mencapai 130 kasus. Namun masih ada 138 sampel lagi yang masih diperiksa Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang.

"Jumlah kasus positf ada 130, sedangkan terkonfirmasi 145 kasus. Masih ada 138 sampel yang masih didalami oleh petugas medis," kata Jubir Gugus Tugas COVID-19 Sumsel, Yusri.

Baca Juga: 4 Anak di Sumsel Positif COVID-19, Dokter: Sulit Deteksi Sejak Awal

1. Data pusat dan daerah berbeda lagi

[UPDATE] Tambah 1 Positif di Sumsel, 138 Sampel Lagi Masih DiperiksaTes swab virus corona (COVID-19) di fasilitas tes One Medical sebagai upaya membatasi penyebaran virus corona (COVID-19) di Bronx, New York City, Amerika Serikat, Selasa 21/4). ANTARA FOTO/REUTERS/Lucas Jackson

Perbedaan data jumlah kasus positif di Sumsel kembali terjadi. Saat Gugus Tugas Nasional COVID-19 mengumumkan tidak ada penambahan, namun Gugus Tugas di Sumsel berkata lain. Terdapat penambahan satu orang hingga total sudah mencapai 130 kasus.

"Tapi kami tidak berhenti mengingatkan masyarakat untuk terus mematuhi imbauan pemerintah dengan disiplin, agar penularan virus corona dapat dihentikan," ujarnya.

2. Masyarakat diminta jaga imun tubuh agar terhindar dari virus

[UPDATE] Tambah 1 Positif di Sumsel, 138 Sampel Lagi Masih DiperiksaIDN Times/covid19.go.id

Yusri meminta kepada masyarakat selalu menggunakan masker, mengingat wilayah Palembang dan Prabumulih sudah menjadi wilayah zona merah dengan sebaran lokal.

Selain itu, pun penting menjaga kesehatan di tengah pandemik. Masyarakat diminta menahan diri untuk beraktivitas di luar, hingga masalah COVID-19 benar-benar berakhir.

"Tingkatkan imunitas dan daya tahan tubuh kita dengan makanan bergizi, sayur dan buah, istirahat yang cukup, berolahraga, dan tidak stres. Dengan demikian, kita dapat melawan virus yang akan masuk ke tubuh," jelas dia.

3. Masih 70 PDP di Sumsel

[UPDATE] Tambah 1 Positif di Sumsel, 138 Sampel Lagi Masih Diperiksailustrasi rapid test (ANTARA FOTO/Maulana Surya)

Total orang dalam pantauan (ODP) hingga hari ini terdata 3.543 orang, selesai pemantauan ada 2.175 orang dan sedang dipantau berasal dari 1.368 sampel. Sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) mencapai 173 orang, dengan selesai diawasi 103 orang.

"Lalu ada penambahan 9 PDP lagi. Ada PDP yang kita isolasi ada dan ada juga yang menjalankan isolasi mandiri," tutup dia.

Baca Juga: [LINIMASA] Perkembangan COVID-19 di Sumsel yang Kian Meresahkan

Topic:

  • Rangga Erfizal
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya