Comscore Tracker

Uji Coba 1 Juta Vaksin di Palembang Diserbu Masyarakat

Dinkes Sumsel minta pemerintah pusat tambah dosis vaksin

Palembang, IDN Times - Hari pertama pelaksanaan uji coba 1 juta vaksin di kota Palembang mendapat antusiasme masyarakat. Tercatat, baru satu jam pelaksanaan vaksinasi dibuka, 5.078 warga telah mendapat suntikan vaksin. Total tersebut setengah dari target harian kota Palembang sebesar 10.000 dosis.

"Hari ini yang membuat bangga adalah antusiasme masyarakat Palembang dalam menerima vaksinasi. Vaksinasi hari ini merupakan perintah presiden untuk mengecek kesiapan 1 juta vaksin per hari di Sumsel, mulai 1 Juli mendatang," ungkap Gubernur Herman Deru, saat meninjau sentra vaksin yang berada di Pertamina Palembang, Sabtu (26/6/2021).

Baca Juga: ODGJ di Palembang Bisa Vaksinasi COVID-19 Tanpa Syarat

1. Gubernur minta animo tinggi publik itu tidak boleh putus

Uji Coba 1 Juta Vaksin di Palembang Diserbu MasyarakatGubernur Sumsel, Herman Deru (IDN Times/Rangga Erfizal)

Menurut Deru, antusiasme masyarakat ini diharapkan membantu terbentuknya herd immunity atau kekebalan kelompok di Bumi Sriwijaya. Pihaknya yakin, Sumsel dapat konsisten menyalurkan vaksin ke masyarakat, utamanya saat program 1 juta vaksin per hari, dimulai pekan depan. 

"Maka kita mohon ke pemerintah pusat untuk menyiapkan stok vaksin. Jangan sampai putus animo masyarakat yang begitu besar ini," ujar dia.

Baca Juga: Kapolda Sumsel Pastikan Stok Oksigen di RS Rujukan COVID-19 Aman

2. Sumsel buka 35 sentra vaksin untuk bantu faskes

Uji Coba 1 Juta Vaksin di Palembang Diserbu MasyarakatMasyarakat Palembang yang menjalani vaksinasi (IDN Times/Rangga Erfizal)

Senada, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Sumsel, Lesty Nurainy menjelaskan untuk masa uji coba yang dilakukan hari ini pihaknya menyediakan 35 sentra atau tempat penyuntikan vaksin di seluruh Sumsel. Untuk wilayah Palembang pihaknya membuka delapan sentra, dengan segmen penerima vaksin berbeda-beda.

Mereka yang mendapat vaksin dalam uji coba 1 juta vaksin per hari adalah pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), karyawan restoran, kafe, hotel, UMKM, pemuka agama, driver online, tenaga kesehatan, hingga warga lansia.

"Belum lagi di Sumsel ada 433 faskes, dengan satu faskes memiliki beban kewajiban penyuntikan sebanyak 75 orang per hari," jelas dia.

3. Dosis dari pusat menurun mulai 1 Juli 2021

Uji Coba 1 Juta Vaksin di Palembang Diserbu MasyarakatMasyarakat Palembang yang menjalani vaksinasi (IDN Times/Rangga Erfizal)

Menurut Lesty, untuk masa uji coba hari ini Sumsel mendapat jatah vaksin sebanyak 31.696 dosis. Vaksin tersebut sudah disebar di 17 kabupaten dan kota sejak beberapa hari lalu usai kedatangan dosis baru dari pusat.

Harapannya, percepatan vaksinasi yang diinisiasi Presiden Joko 'Jokowi' Widodo dapat tercapai di Maret 2022 mendatang dengan terbentuknya kekebalan komunal.

"Mulai 1 Juli, stok vaksin dari pusat per hari turun menjadi 22.000 dosis. Harapan kita bisa ditambah mengingat, target 2 juta vaksin per hari mulai Agustus," jelas dia.

4. Ada 3.218 vaksinator di Sumsel untuk sukseskan program vaksinasi

Uji Coba 1 Juta Vaksin di Palembang Diserbu MasyarakatProses vaksinasi 1 juta perhari di Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Dalam menyiapkan target yang meningkat, Lesty mewanti-wanti kemungkinan vaksin dari pusat yang tak sebanding dengan kebutuhan di lapangan. Lesty menilai, saat ini faskes, dan vaksinator di Sumsel sudah terlatih dan siap mewujudkan target dari pemerintah.

"Jadi intinya kira kekurangan vaksin, kalau untuk faskes kita siap. Vaksinator dari Dinkes Sumsel ada sebanyak 2.876, ditambah TNI 177 dan Polri 165, kita siap untuk mencapai herd immunity," kata dia.

Baca Juga: Sah! Batas Wilayah Palembang-Banyuasin Berada di Jalan Pelita

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya