Comscore Tracker

Satu Rumah di Lubuk Linggau Hanyut Terbawa Arus Sungai

Air bandang menerjang dari hulu wilayah Bengkulu

Lubuk Linggau, IDN Times - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Curup, Provinsi Bengkulu, mengakibatkan air di dataran tinggi turun hingga ke Lubuk Linggau, Sumatera Selatan (Sumsel). AKibatnya lima kelurahan terendam banjir setinggi empat meter. 

"Telah terjadi banjir yang berasal dari air kiriman sehingga menyebabkan banjir di Lubuk Linggau sekitar pukul 07.45 hingga 09.30 WIB," ujar Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, Ansori, Rabu (20/5).

Satu rumah dikabarkan hanya terbawa arus sungai Gumay dan sungai Kelingi. Tak ada laporan korban meninggal dalam kejadian tersebut.

Baca Juga: Dua Kabupaten di Sumsel Diterjang Banjir Bandang dan Longsor

1. Banjir terjadi di lima kelurahan di Sumsel

Satu Rumah di Lubuk Linggau Hanyut Terbawa Arus SungaiEvakuasi warga menggunakan warga (IDN Times/BPBD Sumsel)

Banjir itu menyebabkan lima kelurahan dihantam banjir seperti Moneng Sepati, Ulak Surung, Lubuk Linggau Ulu, Lubuk Tanjung dan Taba Pingin. Tak hanya menghanyutkan satu rumah, banjir juga menyebabkan lima rumah rusak berat dan 43 rumah lainnya rusak ringan. 

Rumah yang hanyut diketahui milik Iksan (46), warga Kelurahan Moneng Sepati Sepati, Kecamatan Lubuk Linggau Selatan II. Rumah bermaterial kayu semi permanen tersebut tak kuat menahan derasnya air sehingga hanyut ke sungai.

"Banjir mulai mereda sekitar pukul 09.30. Sekarang sudah normal dan warga sudah membersihkan sampah-sampah yang terbawa air di sekitar rumahnya," ujar Ansori.

2. Sebanyak 49 KK terdampak banjir

Satu Rumah di Lubuk Linggau Hanyut Terbawa Arus SungaiAir sungai Kalingi Lubuk Linggau meluap (IDN Times/BPBD Sumsel)

Total ada 49 kepala keluarga (KK) yang terdampak banjir. Menurut Ansori, BPBD setempat sudah datang ke lokasi dan menyalurkan bantuan kepada warga. Pihaknya mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati, mengingat hujan masih akan terjadi dalam beberapa hari ke depan.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, sedangkan kerugian material masih didata," tegas dia.

3. Banjir juga terjadi di Muratara, rendam rumah hingga satu meter

Satu Rumah di Lubuk Linggau Hanyut Terbawa Arus SungaiBanjir Muratara (IDN Times/BPBD Sumsel)

Banjir juga menerjang kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara). Air sungai yang melupa menyebabkan banjir sekitar satu meter. BPBD Sumsel masih mendata berapa kelurahan yang terdampak, dan jumlah keluarga yang harus mengungsi akibat banjir itu.

"Banjir di Muratara cepat surut sehingga untuk sementara pihak BPBD hanya mendata apakah ada rumah yang rusak akibat banjir," tutup dia.

Baca Juga: OKU Selatan Diterjang Banjir Bandang, 5 Kecamatan Terendam

Topic:

  • Rangga Erfizal
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya